JAKARTA, Indotimes.co.id – berkolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan dan Menengah () untuk mendukung program UKM .

Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, saat ini, kita melihat realitas yang tak bisa dimungkiri bahwa pandemi COVID-19 memukul sektor UKM. Padahal, sektor UKM merupakan penggerak roda yang berkontribusi besar terhadap PDB dan pembukaan lapangan pekerjaan.

“Maka dari itu, Telkomsel menyambut positif kolaborasi dengan Kemenkop UKM untuk meningkatkan kapasitas pelaku UKM agar bisa go untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini perilaku dan gaya hidupnya menjadi serba digital,” kata Dharma Simorangkir dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (30/4).

Menurut dia, kolaborasi tersebut diharapkan dapat mendorong sektor UKM untuk mengadopsi digital dengan cepat agar dapat survive di tengah pandemi serta terus berkembang dan meningkatkan daya saing ke depan.

Baca juga :  Bisnis Bank Sampah Capai Rp18 Miliar

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Hanung Harimba Rachman mengatakan, melalui kerja sama ini, pihaknya optimis untuk memulai gebrakan-gebrakan baru agar para pelaku UKM dapat berlari cepat dan lincah menuju UKM Go Digital.

Hal tersebut pun didukung dengan ilmu yang relevan seperti kegiatan pemasaran dan peningkatan keterampilan teknis produksi. “Harapannya, kerja sama ini juga dapat menjadi daya dongkrak dan batu pijakan dari pelaksanaan program-program Kemenkop UKM agar dapat berjalan lebih optimal,” ujarnya.

Upaya kolaboratif antara Telkomsel dengan Kemenkop UKM meliputi sejumlah inisiatif strategis yang ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas digital para pelaku UKM.

Inisiatif tersebut meliputi peningkatan kompetensi sumber daya manusia UKM, perluasan pasar nasional bagi UKM, serta pengembangan pengelolaan usaha dan sistem pembayaran digital.

Baca juga :  LPDB-KUMKM Permudah Akses Pembiayaan

Selain itu, Telkomsel mendukung Kemenkop UKM dalam menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas 120 UMKM dari berbagai wilayah di Jawa Barat dengan memberikan lisensi aplikasi laporan keuangan digital.

Pada kolaborasi ini, Telkomsel melibatkan 99% Usahaku sebagai solusi digital yang dapat mengakselerasi pelaku usaha UKM untuk go digital.

99% Usahaku merupakan platform multifungsi yang akan sangat membantu para pelaku usaha UKM dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara online. 99% Usahaku memiliki lima fitur andalan dalam menjalankan fungsinya itu.