, Indotimes.co.id – Chairman Bakrie Center Foundation (BCF), Anindya Bakrie menggandeng beberapa terkemuka di Amerika Serikat dalam pelaksanaan program Bakrie International Fellows.

Bakrie International Fellows merupakan program fellowship yang menghubungkan mahasiswa tingkat lanjut dari universitas ternama Amerika Serikat ke dunia dan institusi Indonesia. Universitas yang berkolaborasi dengan BCF dalam program ini yaitu Harvard University, Stanford University, Wharton School of the University of Pennsylvania serta beberapa kampus ternama lainnya.

Anin menyampaikan secara langsung bahwa program yang akan diikuti oleh mahasiswa pascasarjana dari beberapa universitas tersebut memiliki tujuan untuk membina jaringan, meningkatkan kesadaran, serta menciptakan pemahaman pasar yang otentik dari sisi budaya, geopolitik, dan ekonomi di Indonesia.

“Indonesia membutuhkan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks. Dengan adanya program Bakrie International Fellows, Indonesia akan mendapatkan perspektif dan transfer ilmu dari otak terbaik di dunia sehingga semakin adaptif terhadap perkembangan zaman,” ungkap Anin.

Baca juga :  Pemprov Banten Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal Dengan Target 200 Ribu Sasaran

Bakrie International Fellows memiliki beberapa rangkaian program yaitu Core Fellowship dan Immersion Program. Core Fellowship merupakan program selama 6 sampai 8 minggu dengan lembaga/institusi di Indonesia yang bermitra dengan BCF. Dalam rentang waktu tersebut, setiap Fellow akan menyelesaikan proyek tertentu dalam membantu institusi. Sedangkan Immersion Program adalah rangkaian kegiatan sosial, budaya, dan studi akademis Indonesia untuk mengasimilasi Fellow ke dalam tatanan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah kegiatan seminar yang bertemakan “Indonesia Sehat”.

“Program ini menguntungkan semua pihak yang terlibat. Selain menyelesaikan persoalan-persoalan jangka pendek, juga membuka peluang dalam jangka panjang baik di tingkat lembaga/ maupun individu,” jelas CEO BCF, Imbang J. Mangkuto.

Bakrie International Fellows sudah dimulai secara bertahap pada Mei 2021 baik secara daring maupun luring, dengan melibatkan beberapa institusi maupun perusahaan, diantaranya Sayurbox, Kitabisa, dan beberapa perusahaan swasta lain maupun beberapa institusi di bawah .