JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali,
Mengharapkan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai salah satu provisni di tanah air yang banyak melahirkan para atlet nasional bebakat, terus menjaga dan meningkatkan program pembinaan olahraga yang dijalankan.

Hal tersebut ditegaskan Zainudin Amali, saat menerima kehadiran Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kementerian pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Senin (31/5).

Menurut Zainudin, Provinsi Sulsel masuk dalam salah satu lokasi pembinaan prestasi pada Grand Desain Olahraga Nasional Indonesia. Dimana Susel jadi salah satu sentra pembinaan prestasi di antara 10 lokasi sentra pembinaan di Indonesia.

“Ada dua hal yang kami diskusikan, yaitu pertama dalam hal grand desain olahraga nasional kita. Sulsel ini jadi salah satu sentra pembinaan prestasi di antara 10 lokasi lainnya. Sulsel masuk dalam Grand Desain Olahraga Nasional,” kata Zainudin.

Baca juga :  Tim Polo Air Putri Jabar Juara IOAC 2019

Namun Zainudin, belum bisa menjalakan cabang-cabang olahraga apa saja yang ditempatkans sebagai sentra pembinaan di Sulsel. Pihaknya masih menunggu turunnya Perpres Grand Desain Olahraga Nasional.

“Tetapi, kami juga masih menunggu penyelesaian Perpres, sehingga menjadi dasar hukum untuk grand desain,” ujar Zainudin.

Zainudin menjelaskan bawa soal pembinaan olahraga apa yang bakal terpusat nantinya di Sulawesi Selatan nantinya, itu masih menunggu pembahasan lagi.

Hal yang terpenting, yakni dirinya masih menunggu turunnya Peraturan Presiden (Perpres) agar Grand Desain Olahraga Nasional bisa lebih mudah berjalan.

Sementara, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman, bersyukur daerahnya terpilih menjadi salah satu tempat pembinaan atlet olahraga di Indonesia.

“Alhamdulillah, kami masuk dalam salah satu tempat pembinaan atlet. Tentunya, kami sangat siap dan berkoordinasi terus. Paling tidak, mulai menyiapkan beberapa fasilitas pendukung untuk program nasional ini,” kata Andi Sudirman.

Baca juga :  Keppres No.9 Tahun 2021 Modal Indonesia Kejar Brisbane untuk Tuan Rumah Olimpiade 2032.

“Kami berterima kasih kepada Pak Menpora yang memasukkan Sulsel jadi salah satu pusat pembinaan atlet. Sehingga, tentu ini bakal membawa banyak perbaikan-perbaikan, infrastruktur olahraga di Sulsel. Terima kasih banyak atas nama pemerintah Sulsel kepada Pak Menpora,” ujar Andi Sudirman.

Dalam pertemuan tersebut, Andi Sudirman juga melaporkan kepada Zainudin mengenai rencana pihaknya yang akan kembali membangun Stadion Mattoanging, Makassar.

Menurutnya kepada Menpora pihaknya melaporkan terkait rencana yang akan kembali membangun Stadion Mattoanging, Makassar. Pemprov Sulsel menginginkan agar stadion kebanggaan masyarakat Sulsel ini menjadi stadion megah yang sesuai standar FIFA, sehingga kalau ada kejuaraan-kejuaraan internasional Stadion Mattoanging bisa digunakan.

“Kami juga melaporkan terkait masalah perkembangan Stadion Mattoanging. Tadi kami menerima arahan dari beliau (Menpora), terkait kapasitas dan beliau arahkan dengan standar kapasitas 20.000,” tandas Andi Sudirman.

Dia juga menambahkan, saat ini desain Stadion Mattoanging sedang dirampungkan, dan kedepannya akan disinergikan dengan Kemenpora.

Baca juga :  Menpora Berharap Pemerintah Daerah Berikan Perhatian Serius Pembinaan Olahraga Disabilitas

“Kami berharap rencana tersebut segera terwujud, sehingga dalam waktu dekat Sulsel memiliki stadioan megah berstandar FIFA,” pungkasnya.