, Indotimes.co.id – Delapan tim siap meramaikan Piala Wai Kota Solo 2021, yang bakal digelar 20-26 Juni mendatang. Ajang ini yang akab digekar di Stadion Manahan Solo ini, bakalan menarik, karena melibatkan tim-tim dari dua kasta kompetisi di tanah air, Liga 1 dan Liga 2.

Delapan tim dipastikan turut serta dalam turnamen pramusim kali ini, adalah, Bandung, Bali United, Arema FC dan Bhayangkara FC (Liga 1) kemudian
Dewa United FC, RANS Cilegon FC, PSG Pati, serta tuan rumah Persis Solo.

Ketua Organizing Committee Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda menyebut bila pihaknya ingin mengajak lebih banyak tim untuk turnamen ini. Namun, kompetisi Liga 1 yang rencananya bergulir tanggal 10 Juli membuat rencana itu urung dilakukan.

“Sebenarnya ingin lebih banyak tetapi kami paham keterbatasan waktu yang ada. Jadi hanya delapan tim yang diundang, empat dari Liga 1 dan empat dari Liga 2 dengan mengunakan sistem gugur,” ujarnya, Jumat (11/6).

Baca juga :  Masyarakat Antusias Beli Tiket Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018

Menurut Cahyadi, persiapan turnamen ini sudah matang, termasuk penerapan yang ketat. Namun pihaknya madih menunggu izin keamanan dari pihak kepolisian, yang belum turun.

Untuk mendapatkan izin tersebut, pihak operator perlu melampirkan protokol kesehatan dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga perlu mendapat restu dari BNPB maupun COVID-19.

“Sedang kami proses terus izin yang dibutuhkan. Kami juga terus berkoordinasi dengan BNPB dan Satgas COVID-19. Ini tantangan tersendiri, tetapi kami berkomitmen akan mengikuti semua persyaratan yang dibutuhkan,” tandas Cahyadi.

Sementara itu, Wali Kota Solo
Gibran Rakabuming Raka, menyatakan, ajang Piala Wali Kota Solo 2021 bisa menjadi pemanasan klub-klub sebelum berkompetisi di Liga 1 dan Liga 2.

Menurut Gibran, animo fan Indonesia saat ini sangat tinggi menjelang bergulirnya Liga 1 dan Liga 2, serta menjelang Piala Eropa (Euro) 2020. Karena itu, Kota Solo ingin ikut ambil bagian dalam meramaikan animo tersebut.

Baca juga :  Tim Piala Davis Indonesia Wajib Menang Atas Kenya

“Kenapa kami adakan sebelum Liga 1 dan Liga 2. Ini biar pemain-pemain sedikit pemanasan. Apalagi klub-klub yang baru saja memborong pemain-pemain baru, seperti Persis dan lain-lain untuk pemanasan sebelum liga dimulai,” tandas Gibran.

Gibran menambahkan, Solo sudah berhasil menjadi tuan rumah Piala 2021 beberapa waktu lalu. Sehingga, pihaknya ingin mengadakan turnamen lagi dengan standar operasional prosedur (SOP) yang sama dan protokol kesehatan ketat, dan sudah tentu Turnamen Piala Wali Kota Solo 2021 digelar tanpa penonton.

Turnamen pramusim ini nantinya bakal bisa disaksikan melalui tayangan televisi lokal dan vidio.com