, Indotimes.co.id – Tim Panahan Putra Indonesia memastikan lolos tampil pada Olimpiade Tokyo 2020, setelah meraih medali perak nomor recurve beregu putra pada ajang kualifikasi Olimpiade 2020, di Paris, Perancis, Minggu (20/6) WIB. Trio beregu putra Indonesia, Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi menempati peringkat kedua, setelah di final kalah dari tim Amerika Serikat () 5-3.

Trio Indonesia sebelumnya sudah memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo, saat menumbangkan tim Ukraina 6-0 pada semifinal. Karena dari ajang hanya tiga tim terbaik yang berhal tampil di Olimpiade Tokyo.

Sementara medali perunggu diraih tim Perancis, setelah menundukan Ukraina dengan skor 6-0 pada perebutan peringkat ketiga. Perancis gagal melaju ke final,setelah ditundukan tim AS 6-0 di semifinal

Dengan demikian untuk nomor recurve beregu putra, tiga tim yang berhak tampil di Olimpiade Tokyo pada akhir Juli 2021 mendatang adalah, AS, Indonesia dan Perancis.

Baca juga :  137 Atlet Berprestasi  Diangkat Menjadi PNS

“Selamat untuk Ega, Arif, dan Bagas. Prestasi kalian menjadi kabar menggembirakan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam situasi , atlet-atlet Indonesia membuktikan perjuangan luar biasa sehingga saat ini jumlah atlet Indonesia yang akan berangkat ke Tokyo sama seperti Olimpiade 2016 Rio de Janeiro,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Minggu (20/6).

Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari, berharap keberhasilan Tim Panahan Putra Indonesia mampu diikuti tim putri. Tiga srikandi Indonesia yaitu Diananda Choirunisa, Titik Kusuma Wardani, serta Rezza Oktavia juga tengah berjuangn merebut tiket nomor recurve beregu putri pada ajang yang sama.

Tambahan satu tiket Olimpiade nomor dari recurve beregu putri, membuat cabor panahan telah miliki tiga tiket ke Olimpiade, karena sebelumnya sudah meraih dua tiket, yaitu dari nomor recurve perorangan putri oleh Diananda Choirunisa dan nomor Recurve perorangan putra oleh Riau Ega Salsabila, yang mendapatkannya pada ajang Jakarta- 2018 lalu