JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dilaporkan menjadi komentator sekaligus menganalisa tim Korea Selatan pada ajang 2020. Hal ini diungkap oleh sejumlah media di Korea Selatan.

Sangat disayangankan, jika diajang Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo, 21 Juli hingga 8 Agustus mendatang, Shin Tae-yong menjadi komentator, tentunya jadwal kembalinya ke Indonesia dipastikan bisa tertunda karena hal tersebut.

Shin Tae-yong pun dianggap kurang etis menerima pekerjaan sebagai komentator selagi dia masih dibutuhkan untuk melatih Timnas Indonesia. Tentu ini akan mengganggu latihan Timnas Indonesia yang sudah dirancang sebelumnya,

Tentunya komitmen Shin Tae-yong juga harus dipertanyakan seandainya dia lebih memilih sebagai komentator daripada melatih Timnas Indonesia. Tentu bisa memberikan teguran atau mengevaluasi kinerja pelatih asap Korea Selatan tersebut. Apalagi kita ketahui PSSI selalu mendukung penuh program latihan Shin Tae-yong demi pencapaian prestasi Timnas Indonesia.

Baca juga :  Kemenpora Gelar Putaran Final Liga Pelajar Piala Menpora di Bali

Seperti diketahui dalam waktu dekat PSSI sudah menyiapkan sejumlah pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia. Diantaranya Timnas Senior dan Timnas U-18 pada bulan Agustus ini. Hal ini sebagai persiapan menghadapi play off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada 7 September mendatang dan persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Shin Tae-yong meminta izin kepada PSSI kembali ke negaranya untuk berobat sekaligus check up disana pada awal Juli lalu. “Saya meminta izin kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) agar saya dapat pulang ke Korea Selatan dengan pertimbangan efek yang pernah saya alami. Saya akan berobat dan check up di Korea Selatan,” kata Shin Tae-yong, pada 2 Juli 2021 lalu.

Menurut Shin Tae-yong, dia telah berkoordinasi dengan PSSI dan melihat pandemi Covid-19 yang sedang tinggi di Jakarta tentu tidak memungkinkan digelarnya pemusatan latihan Timnas. Karenanya dia berjanji, begitu selesai melakukan pengobatan akan segera kembali ke Indonesia.

Baca juga :  Kalah dari Selandia Baru, Davis Cup Indonesia Jalani Playoff Grup 2

Selain Shin, empat asisten pelatih Timnas Indonesia, yakni Choi In-cheul, Kim Woo-jae, Kim Hae-won dan Lee Jae-hong turut serta kembali ke Korea Selatan.