TOKYO, Indotimws.co.id – Indonesia mendapat tambahan medali perunggu di ajang Olimpiade 2020. Medali perunggu menjadi medali ketiga Indonesia, yang juga di persembahkan dari cabang olahraga (Cabor) angkat besi.

Medali perunggu dipersembahkan lifter Rahmat Erwin Abdullah yang turun di  kelas 73 kg putra.

Bertanding  di International Forum, Rabu (28/7), total angkatan Rahmat Erwin Abdullah mencapai 342 kg. Total 342 kg dicetak dari 152 kg di angkatan snatch, dan 190 kg (clean & jerk).

Rahmat Erwin Abdullah hanya kalah dari liftervChina, Shi Ziyong  dengan total angkatan 364 kg yang berhak atas medali emas dan lifter Venezuela, Julio Mayora
dengan total angkatan 346 kg.

Keberhasilan Rahmat Erwin Abdullah merebut medali Olipiade sebenarnya jauh dari perkiraan.

Mengingat, di starting list saja Rahmat Erwin hanya ditaruh di Grup B bersaing dengan empat lifter lain. Hal itu karena Rahmat Erwin Abdullah hanya berani mengangkat total beban 320 kg.

Baca juga :  G-Shcok Dukung Atlet Asian Para Games Indonesia

Namun, ketika berada di venue yang berada di International Forum, Rahmat Erwin Abdullah berhasil mengangkat total 342 kg.

Bahkan, total angkatan 190 kg di clean & jerk, sempat menempatkan  Rahmat Erwin Abdullah di urutan teratas, sebelum dikalahkan Shi Ziyong (198 kg).

Satu hal yang pasti, keberhasilan Rahmat Erwin Abdullah terhitung luar biasa. Mengingat Olimpiade 2020 merupakan kesempatan pertamanya turun di multievent empat tahunan level dunia tersebut.

Meski baru pertama kali, lifter peraih medali emas SEA Games 2019 sanggup meraih medali dan membuat bangga rakyat Indonesia.

Dengan tambahan.medali perunggu dari Rahmat Erwin Abdullah, total raihan medali Kontingen Indonesia di Olimpiade 2020, kini menjadi tiga medali, dengan perincian satu perak dan dua medali perunggu.

Dua medali sebelumnya disumbankan Eko Yuli Irawan yang meraih medali perak kelas  61 Kg putra dan Windy Cantika Aisah  meraih medali perunggu kelas 49 Kg putri.

Baca juga :  Menko PMK Berharap Indonesia Dapat Ulangi Sukses Asian Games 1962

Indonesua masih terus berharap tambahan medali, terutam dari cabor bukutangkis yamg sudah memasuli babak perempat final. Selsin masih ada beberapa cabor lainnya seperti panahan, rowing dan  atletik.