JAYAPURA, Indotimes.co.id -Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 menorehkan prestasi apik dari pesenam Rifda Irfanaluthfi.

Atlet senam  DKI Jakarta, tak tanggung-tanggung membuat rekor tersendiri, dengan meraih empat medali emas pada perlombaan senam artistik di Istora Papua Bangkit, Jayapura.

Rifda meraih empat medali emas masing-masing dari nomor beregu putri, nomor serba bisa perorangan putri,  nomor meja lompat,  dan senam lantai.

Medali emas keempat Rifda, diraihnya lewat penampilannya di nomor lantai dengan mengungguli tujuh pesenam pesaingnya dari Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Papua.

Atlet kelahiran 16 Oktober 1999 itu tampil apik dengan gerakan yang berani dan banyak disertai salto (summer vault) untuk membuat dewan juri memberikan nilai 13.033.

Nilai tersebut sebenarnya lebih kecil dibanding nilai yang dibukukan Rifda pada nomor beregu di hari pertama kompetisi senam artistik, yakni 13.300. Namun, angka 13.033 sudah cukup mengantarnya berada di urutan pertama.

Baca juga :  Berikan Dukungan, Ratusan Notaris dan PPAT DKI Jakarta Lakukan Aksi Unjukrasa di PN Jaksel

”Saya cukup puas dengan raihan empat medali emas ini, sesuai target,” ungkap Rifda, selepas perlombaan, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, atlet peraih medali perak SEA Games 2015 di Singapura itu sudah menyabet medali emas dari nomor beregu, serba bisa perorangan putri, dan meja lompat.

Hingga hari ketiga perlombaan PON XX Papua, Rifda Irfanaluthfi menjadi atlet terbaik dan tersukses dalam pengumpulan medali emas dari seluruh peserta pesta olahraga nasional empat tahunan itu.

Keberhasilan Rifda turut membantu kontingen DKI Jakarta tetap kokoh memimpin klasemen perolehan medali dengan mengumpulkan 38 emas, 25 perak, 31 perunggu.

Sukses yang dicapai Rifda ini, membuatnya layak disbeut sebagi ratu emas PB PON XX 2021. Hingga saat ini belum ada atlet lainnya yang berhasil meraih lebih dari dua medali emas di PON XX Papua, seperti yang dicapai Rifda.