Sinergi BUMN Hadirkan Rumah Kreatif di Labuan Bajo
Menteri BUMN Rini M Soemarno (tengah) bersama Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula (Kedua Kiri) yang disaksikan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kanan) saat meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (29/10).

JAKARTA, Indotimes.co.id – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama 6 BUMN lainnya yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pertamina dan PLN berkomitmen membangun Rumah Kreatif BUMN di berbagai pemerintah kota dan kabupaten di tahun 2016. Hal ini untuk mewujudkan sinergi BUMN yang dicanangkan Kementerian BUMN.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung hadirnya Rumah Kreatif BUMN di Labuan Bajo. Semoga Rumah Kreatif BUMN dapat memberikan manfaat kepada pelaku UMKM sehingga produk-produk yang mereka pasarkan memiliki kualitas yang terbaik untuk mendunia,” kata Menteri BUMN Rini M Soemarno dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (31/10/2016), usai meresmikan dan meninjau Rumah Kreatif BUMN.

Sebelumnya, Rini M Soemarno yang didampingi para Direktur Utama BUMN berkesempatan meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Rumah Kreatif BUMN merupakan program yang dicanangkan Kementerian BUMN sebagai wadah bimbingan dan pelatihan para entrepreneur dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Program ini membantu para pelaku bisnis, seperti cara meningkatkan kualitas standarisasi produk dan pemanfaatan digital dalam pengembangan usaha seperti memanfaatkan situs e-commerce blanja.com sebagai etalase online produk-produk UMKM.

Baca juga :  SP PLN Desak Presiden Ganti Direksi PLN

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan, sebagai BUMN yang bergerak di industri ICT, Telkom mendukung Rumah Kreatif BUMN melalui digitalisasi bisnis yang mereka tekuni. “Hal tersebut merupakan upaya Telkom untuk menjadi enabler dalam digital society, khususnya dalam pengembangan bisnis UMKM,” katanya.

Melalui Rumah Kreatif BUMN, para pelaku usaha dapat memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memasarkan produk-produk UMKM mereka ke pasar global secara borderless, sehingga dapat mendorong tumbuhnya perekonomian Indonesia melalui sektor UMKM seiring dengan tumbuhnya pemanfaatan ICT oleh masyarakat.

Kementerian BUMN mencanangkan untuk menyediakan Rumah Kreatif BUMN di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Hingga akhir 2016, Telkom beserta 6 BUMN lainnya akan menyelesaikan 100 unit, termasuk 1 unit di Kabupaten Manggarai Barat yang telah diresmikan dan siap dioperasikan. (dil)