Malapati UBK Dan FRPBA Akan Menggelar Apel Siaga Bencana DKI Jakarta
Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Malapati Universitas Bung Karno bersama Forum Relawan Penanggulangan Bencana Alam (FRPBA) akan menggelar kegiatan Apel Siaga Bencana DKI Jakarta pada hari Minggu (23/4/2017) di Universitas Bung Karno, Jl. Kimia, No. 20, Menteng, Jakarta Pusat

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menyikapi bencana yang kerap terjadi di DKI Jakarta, khususnya banjir dan kebakaran. Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Malapati Universitas Bung Karno bersama Forum Relawan Penanggulangan Bencana Alam (FRPBA) akan menggelar kegiatan Apel Siaga Bencana DKI Jakarta pada hari Minggu, (23/4/2017) di Universitas Bung Karno, Jl. Kimia, No. 20, Menteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang bertemakan “Respon Cepat Tanggap Bencana Jakarta 2017”, diadakan dengan tujuan membuat alur koordinasi yang jelas dalam menangani bencana yang terjadi di Jakarta, ujar Saiful Ansor selaku Ketua Umum Malapati UBK.

Heru Suprayitno selaku Ketua Umum FRPBA dilokasi yang berbeda menyampaikan. Sebelum kegiatan berlangsung pada hari Minggu nanti, kami sudah mengadakan rapat koordinasi pada hari  Selasa (18/4) di Gedung Bidang Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat. Bersama Malapati UBK, FRPBA dan para Mapala, Relawan tanggap bencana, Rumah Zakat, Tagana DKI, Wanadri dan beberapa instansi Pemprov. DKI Jakarta yang terdiri dari BPBD, Pol PP dan Dinas Penanggulangan Kebakaran da. Penyelamatan.

Baca juga :  FRPBA Buka Call Center untuk Bantuan Pencarian Orang Tenggelam

Dalam rapat koordinasi kami telah bersepakat untuk bekerjasama dalam menjalankan kegiatan Apel Siaga tersebut, ujar Heru kembali.

Saiful Ansor kembali menyampaikan. Dalam rapat koordinasi telah disampaikan pula oleh Dian Sumarwan atau yang akrab di panggil Aan, selaku Alumni Universitas Bung Karno yang  memimpin pertemuan tersebut. Bahwasanya kegiatan ini jangan hanya menjadi kegiatan yang bersifat seremoni saja. Melainkan kegiatan ini menjadi langkah bersama dalam menangani bencana di DKI agar terkoordinasi dengan baik.

Dalam rapat koordinasi juga telah disepakati Ikrar yang akan dibacakan bersama-sama, oleh peserta Apel Siaga yang terdiri dari berbagai elemen penanggulangan bencana DKI Jakarta.

IKRAR TANGGAP BENCANA DKI JAKARTA

Kami seluruh elemen Penanggulangan Bencana DKI Jakarta berikrar :

  1. Selalu menjaga nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Siap dan tanggap dalam menghadapi bencana yang melanda DKI Jakarta.
  3. Rela dan ikhlas dalam membantu sesama.
  4. Siap bekerjasama dalam menjalankan tugas kemanusiaan
  5. Berani mengambil keputusan dalam menjalankan tugas penanggulangan bencana.
Baca juga :  FRPBA Kembali Mencari Orang Hanyut di Sungai Pesanggrahan

Saiful juga menyampaikan, kegiatan Apel Siaga Bencana Jakarta juga akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan. Diantaranya pengenalan dasar tanggap bencana kebakaran dan pembuatan dapur umum, dengan peserta masyarakat sekitar kampus UBK.

Salah satu acara yang terpenting. Dalam rentetan kegiatan akan diselenggarakan pula Workshop Disaster Management. Kegiatan tersebut adalah kegiatan diskusi untuk memecahkan permasalahan-permasalahan, dan menentukan langkah bersama dalam menangani bencana di Jakarta.