Pertamina Gas Kembangkan Jalur Transmisi di Sumsel
(foto ilustrasi)

PALEMBANG, Indotimes.co.id – PT Pertamina Gas fokus mengembangkan jalur transmisi di Sumatera Selatan untuk menangkap peluang banyaknya perusahaan besar beroperasi di daerah tersebut.

Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Gas Indra Setyawati mengatakan, pada tahun ini perusahaan mulai membangun jaringan transmisi pipa gas dari Kabupaten Musi Banyuasin ke Kota Palembang.

“Musi Banyuasin menjadi titik awal pembangunan karena produksi gas di kabupaten ini cukup tinggi, terutama dari PT Conoco Phillips,” katanya di Palembang, Rabu (9/11/2016).

Proyek pembangunan jalur transmisi sudah dilakukan peletakan batu pertamanya pada awal November 2016 dengan harapan dapat rampung hingga ke Palembang pada Desember 2017.

Dia mengatakan, penyediaan jalur transmisi gas ini dimaksudkan juga untuk merespon keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Api-Api, Banyuasin yang saat ini dalam pengerjaan.

Selain itu, menurut dia, pertimbangan lainnya yakni untuk pemenuhan kebutuhan gas PT Pupuk Sriwijaya di Palembang yang pada akhir tahun akan mulai mengoperasikan Pabrik Pupuk IIB.

Baca juga :  Jokowi Harus Tegas Terkait Keputusan di Sektor ESDM

“Sekarang sedang diupayakan perizinan dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Gubernur Sumatra Selatan,” ujarnya.

Dalam pembangunan transmisi tersebut diperkirakan akan memasang pipa sejauh 176 kilometer yang menyusuri Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang. Untuk pembangunan transmisi pipa gas tersebut, Pertamina Gas telah menyiapkan dana 150 juta dolar AS.

“Saat ini, Pertamina telah mampu memproduksi dan menyalurkan hingga kapasitas penuh mencapai 160 MMSCFD per hari. Targetnya, penambahan terjadi sebanyak 325 MMSCFD per hari dalam tiga tahun ke depan, bakal selanjutnya bisa tembus 500 MMSCFD per hari,” ujarnya. (Rud)