JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), GM Utut Adianto memberikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Festival Catur Pelajar Nasional 2023 yang diselenggarakan BPK Penabur.

Sebagai wujud apresiasi tersebut, GM Utut Adianto akan memberangkatkan seluruh juara pertama Festival Catur Pelajar Nasional 2023 untuk mengikuti Kejuaraan Catur ASEAN di Laos.

“Percasi akan memberangkatkan seluruh juara pertama Festival Catur Pelajar Nasional 2023, BPK Penabur ke Laos. Sementara semua juara kedua dan ketiga akan kita kirim ke Kejurnas,” ujar Utut Adianto saat menutup Festival Catur Pelajar Nasional 2023, di Sekolah BPK Penabur, Kelapa Gading, Jakarta Utata, Sabtu (16/9).

Utut mengatakan, pemberangkatan para juara Festival Catur Pelajar Nasional 2023 yang digelar oleh BPK Penabur merupakan bentuk apresiasi terhadap para juara. Untuk yang belum berhasil menjadi juara, harus lebih rajin lagi berlatih,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi mengatakan, rencana Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto memberangkatkan para juara Festival Catur Pelajar Nasional kali ini merupakan kejutan besar.

“Ini merupakan kejutan besar dari Pak Utut Adianto. Sebelumnya Kami benar-benar tak menduga Percasi akan mengirimkan para juaranya ke Laos dan ke Kejurnas, ” lanjut Adri Lazuardi.

“Yang pasti, jumlah pesertanya membludak dan menjadi Rekor MURI baru. Semula Kami hanya menargetkan 1.400 pecatur. Ternyata yang mengikuti turnamen ini mencapai 1.700 an peserta.” tambahnya pula.

Festival Catur Pelajar Nasional 2023 yang digelar BPK Penabur 9-16 September diselenggarakan di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Cirebon, dan Bandar Lampung. “Melalui turnamen ini Kami berharap akan muncul banyak grand master,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Dewan Pertimbangan PB Percasi, Eka Putra Wirya sangat mengapresiasi apa yang telah diselenggarakan oleh BPK Penabur. “PB Percasi sangat mengapresiasi apa yang telah diselenggarakan oleh BPK Penabur. Ini sangat luar biasa. Melebihi dari ekspektasi kit. Ini di luar dugaan kita, Penabur bisa melakukan kegiatan seperti ini. Waduh, Kita sangat dibantu oleh BPK Penabur,” kata Eka.

“Saya rasa ini merupakan suatu sinergi yang luar biasa antara BPK Penabur dengan Percasi. Ini sangat fenomenal. Saya musti pilih kata-kata yang tepat nih. Karena terobosan yang dilakukan BPK Penabur sangat spektakuler.” pungkasnya.

Berikut ini daftar Juara Festival Catur Pelajar Nasional 2023 BPK Penabur :

TK – SD kelas 1-3 Putri:
1.Siti Fatimatuz Zahro (SDN Kutogirang)
2.Al Shamikha Maygi Sakhiya (SDN Majalengka Kulon II)
3.Deandra Mahardika Zhafira (SDN Pondok Ranggon 04)
TK-SD Kelas 1-3 Putra:
1.Alexander Philip Kurniawan (SDK 6 Penabur Jakarta)
2.Neo Batongv(SDK Penabur Gading Serpong)
3.Leonathan Edgar Hansen (SDK Penabur Summarecon Bekasi)
SD Kelas 4-6 Putri:
1.Danesh Syauqina Putri (SDN 15 Duren Sawit)
2.Kenya Kesuma Dewi (SDN Burengan 2)
3.Yukiko Charita Putri Purnomo (SD Kristen 1 YSKI Semarang)
SD Kelas 4-6 Putra:
1.Dominicus Winston Lin (SD St. Peter)
2.Abimanyu Setyawan Riyanto (Mi Nurul Islam)
3.Almagro Hasian Gultom (SDN Utan Kayu Utara 01)
SMP Putri:
1.Clementia Adeline (SMP Santa Maria Fatima)
2.Alisa Yulia Putri (SMPN Bogor)
3.Aura Cahyati Alifan (SMPN 2 Bandung)
SMP Putra:
1.Uriel Noah Oloan Sidabutar (SMP Pax Ecclesia Galaxy Bekasi)
2.Rama Daniswara Setya Nugraha (SMP Islam Al Azhar 60)
3.Morado Simanjuntak (SMP Marsudirini Bekasi)
SMA Putri:
1.Zarquel Mawaddah (SMAN 113 Jakarta Timur)
2.Cherishta Joane Nungki (SMAN 3 Semarang)
3.Frida Nadine Fellicia (SMK Negeri 1 Bekasi)
SMA Putra:
1.Stevanky (SMAK Tunas Harapan)
2.Handaru Juan Izz Linardhi(SMAN 1 Cibinong)
3.Muhammad Ariel Davinsyah Putra (SMAN 2 Bandung).

ADVERTISEMENT