- Advertisement -

    BNI Investor Daily Summit 2023, Jokowi Kunjungi Booth UMKM Binaan BNI

    BNI Investor Daily Summit 2023, Jokowi Kunjungi Booth UMKM Binaan BNI
    - Advertisement -

    JAKARTA, Indotimes.co.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif dalam mendukung pengembangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan mengajak ikut serta di berbagai agenda besar.

    Dalam BNI Investor Daily Summit 2023, sedikitnya lima UMKM binaan BNI Xpora serta dua UMKM binaan perusahaan anak PT Bank Hibank Indonesia showcasing di Hutan Kota by Plataran Jakarta, 24-25 Oktober 2023.

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan untuk mengunjungi dan mencicipi hasil produksi UMKM Binaan BNI, serta disambut langsung oleh Direktur Utama BNI Royke Tumilaar.

    - Advertisement -

    Lima UMKM yang tersebut antara lain Mahorahora Bumi Nusantara produsen Gula Aren, Cau Chocolates produsen kakao dan cokelat, Inni Pioneer Food Industry produsen makanan dan minuman kaleng, PT Retota Sakti produsen home decor berbahan serat alam, dan Sweet Shabrina produsen kerajinan seni. Ada pula dua UMKM binaan hibank yakni UMKM Kriya Hi Batik produsen batik, dan Perempuan Tangguh Indonesia.

    Royke menyampaikan, keikutsertaan UMKM binaan BNI dalam agenda ini dalam rangka memberikan akses pasar yang lebih luas kepada para UMKM di Indonesia agar mendapat kesempatan bertemu dan berdialog dengan para investor.

    “Kami ikutsertakan UMKM binaan kami untuk memperkenalkan produk-produk lokal kepada para investor, sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka untuk mencari celah dan peluang pasar. Kami selalu ingin memberikan panggung yang cukup untuk UMKM dapat eksposur pada acara besar sehingga mampu naik kelas dan go global,” ujarnya.

    Royke mengatakan, UMKM yang diikutsertakan dalam acara ini merupakan UMKM yang telah siap untuk melebarkan sayap bisnis ke level internasional. Sebagai contoh, UMKM Mahorahora telah melakukan ekspor produk-produknya ke Singapura dan New Zealand.

    Saat ini, Mahorahora telah menjadi binaan BNI Xpora. Mahorahora telah ikut serta dalam pameran Food Expo di Hong Kong, Korea Selatan hingga New York.

    Selain itu, UMKM Cau Chocolates telah melakukan ekspor rutin ke negara tujuan seperti Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, dan Qatar. Cau Chocolates terus berupaya memperluas pasar ke mancanegara.

    Saat ini, Cau Chocolates telah menjadi binaan BNI Xpora. Produk Cau Chocolates telah ikut dalam pameran dan business matching seperti pameran Xpora Fest 2022, hingga Food Expo di Hong Kong, Korea Selatan serta Tokyo.

    UMKM lain yang juga bersiap melebarkan pasar ke mancanegara yaitu Inni Pioneer Food Industry. Saat ini, produk-produk mereka telah diekspor ke berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Hong Kong, Australia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Taiwan, Yunani, dan Prancis.

    Saat ini, Inni Pioneer Food Industry telah menjadi binaan BNI Xpora dan telah mendapatkan berbagai kesempatan pameran di food expo di Korea Selatan dan Hong Kong. Selain itu, UMKM binaan ini juga mendapatkan kesempatan business matching dengan beberapa calon buyer.

    Selanjutnya, UMKM Retota Sakti juga sudah siap melebarkan bisnisnya ke pasar global. Produk-produknya telah menembus pasar ekspor ke berbagai negara seperti Amerika, Inggris, dan Jepang.

    Selanjutnya yaitu UMKM Sweet Shabrina yang juga telah memasarkan produknya hingga ke mancanegara dengan mengikuti pameran di Jepang.

    Adapun, UMKM binaan hibank yakni Hi Batik menampilkan produk lainnya seperti peralatan makan, kalung, pendat (bros), dan juga sepatu. Di samping itu, Perempuan Tangguh Indonesia adalah UMKM binaan yang terdiri dari disabilitas agar bisa mandiri.

    “UMKM-UMKM tersebut merupakan bukti nyata keseriusan BNI bersama seluruh anak usaha khususnya hibank dalam membantu pelaku bisnis lokal untuk bisa menembus pasar global dan bersaing dengan produk-produk negara lain,” tandas Royke.

    - Advertisement -
    Exit mobile version