6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh
ILUSTRASI (StockSnap/Pixabay)

Indotimes.co.id – Sistem kekebalan Anda cukup kompleks. Kemampuan tubuh Anda untuk melawan berbagai jenis infeksi dan penyakit bergantung pada kekuatan sistem kekebalan Anda. Namun, tidak boleh terlalu kuat atau mungkin bereaksi berlebihan, yang dapat menyebabkan gangguan autoimun dan alergi. Pada ulasan kami telah membagikan  cara sederhana untuk membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Ikuti Diet Sehat

Makan yang sehat adalah yang terpenting jika ingin menjaga imunitas tubuh Anda. Dengan kata lain, Anda mungkin ingin mengonsumsi lemak sehat, protein tanpa lemak, biji-bijian, polong-polongan, buah-buahan, dan sayuran hijau setiap hari.

Dengan pola makan yang sehat, tubuh Anda bisa mendapatkan banyak mikronutrien yang penting untuk menjaga kekebalan Anda. Beberapa mikronutrien ini termasuk vitamin E, vitamin C, dan Vitamin B6. Jika Anda makan makanan yang sehat, Anda bisa mendapatkan cukup vitamin ini.

Menurut banyak ahli, vitamin yang didapat dari sumber makanan mudah diserap tubuh Anda.

Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik penting untuk membantu upaya pembentukan otot Anda. Selain itu, aktivitas fisik membantu Anda mengurangi tingkat stres. Berolahraga setiap hari meningkatkan sirkulasi darah di tubuh Anda, yang memberikan dorongan pada kekebalan Anda.

Menurut banyak penelitian, jika Anda menghabiskan waktu 30 menit untuk berolahraga setiap hari, itu dapat merangsang sistem kekebalan Anda. Karena itu, penting untuk rutin berolahraga.

Tetap Terhidrasi

Minum banyak air penting untuk tubuh Anda. Di dalam tubuh Anda, getah bening adalah sejenis cairan yang mengangkut sel-sel kekebalan yang melawan infeksi ke seluruh tubuh Anda. Dan cairan ini terdiri dari air. Karena itu, penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Tidur Nyenyak

Meskipun tidur tampaknya bukan proses yang aktif, tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri saat Anda tidur. Misalnya, tubuh Anda menciptakan molekul spesifik yang membantu melawan infeksi di tubuh Anda. Dan proses ini dimulai hanya setelah Anda tertidur.

Jika Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin lebih rentan terhadap berbagai jenis virus dan bakteri. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin membantu diri sendiri untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam.

Kurangi Stres

Stres dapat berdampak sangat negatif pada Anda, terutama sistem kekebalan tubuh. Jika Anda menderita stres kronis, tubuh Anda memulai respons stres yang menekan kekebalan Anda. Akibatnya, Anda lebih mudah terserang penyakit atau infeksi.

Tingkat stress setiap orang itu berbeda. Karena dapat berdampak negatif pada kesehatan, Anda mungkin ingin mengidentifikasi sumber stres dan menghilangkannya. Anda juga bisa mengikuti beberapa strategi pengurangan stres, seperti Latihan pernafasan, olahraga, dan meditasi.

Konsumsi Suplemen

Terakhir, Anda bisa membeli suplemen yang dijual bebas. Suplemen dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan Anda dengan biaya yang lebih murah dibandingkan alternatif yang mahal. Karena itu, Anda bisa mencoba suplemen yang menjadi favorit Anda. Pastikan suplemen yang dipilih sudah mendapat persetujuan BPOM. Salah satu suplemen yang baik untuk imunitas termasuk Vitamin C.