Optimalkan Layanan Tanpa Tatap Muka, PANDAWA Menjadi Andalan BPJS Kesehatan

Jakarta, Indotimes.co.id – Memberikan layanan secara optimal kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada masa penyebaran kasus covid-19 yang semakin meningkat memacu BPJS Kesehatan menciptakan inovasi layanan tanpa tatap muka. Saat ini, BPJS Kesehatan memiliki empat kanal layanan tanpa tatap muka yang dapat meningkatkan akses peserta pada Program JKN-KIS, antara lain Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Chat Assistant JKN (CHIKA) melalui Whatsapp di nomor 08118750400 atau Telegram dengan chat melalui username @BPJSkes_bot untuk pelayanan informasi dan pengaduan, serta Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).

“Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 adalah dengan jalan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Namun, hal ini tidak menghalangi kami dalam memberikan layanan prima bagi peserta. PANDAWA yang saat ini sudah kami jalankan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat merupakan salah satu cara kami untuk memberikan kepastian layanan dan kemudahan akses bagi peserta khususnya yang berdomisili di Kota Administrasi Jakarta Barat,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila Pulukadang, pada saat memaparkan materi mengenai PANDAWA.

Baca juga :  Gelar Gathering Badan Usaha, BPJS Kesehatan Jakarta Pusat Beri Penghargaan Bagi Badan Usaha Patuh

Fitria menjelaskan melalui PANDAWA, petugas senantiasa siap memberikan respon dan membantu peserta untuk dapat memenuhi kebutuhannya akan layanan administrasi Program JKN-KIS. Nomor HP khusus BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat yang dapat dihubungi untuk layanan PANDAWA yaitu 081283093171. Ketika peserta dapat menghubungi PANDAWA, petugas akan memberikan format dan panduan yang dapat diikuti peserta agar layanan dapat diberikan secara optimal.

“Terdapat sepuluh jenis pelayanan administrasi yang dapat dilayani di PANDAWA, antara lain pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji peserta, Perubahan FKTP, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, serta pengaktifan kembali kartu,” tutur Fitria.

Fitria menyebutkan, layanan PANDAWA dapat dilakukan melaui chat Whatsapp pada jam pelayanan kantor yaitu dari Senin sampai dengan Jumat kecuali hari libur nasional. Segmentasi peserta yang dapat memanfaatkan layanan ini, antara lain Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Baca juga :  Kerjasama Good Doctor Technology Indonesia Dengan IDI Hasilkan Penelitian Berbasis Bukti Bidang Kesehatan

“Kami berharap Program JKN-KIS dapat selalu diselenggarakan dengan optimal terutama pada masa pandemi ini. Dengan hadirnya PANDAWA, semoga peserta semakin mudah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas hanya dengan ponsel pintar mereka,” tutup Fitria.