- Advertisement -

Sejarah Asuransi Konvensional

Sejarah Asuransi Konvensional
ILUSTRASI Asuransi (Foto : pressfoto/freepik.com)
- Advertisement -

Indotimes.co.id – Asuransi konvensional telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita saat ini. Ketika kita menghadapi risiko finansial, seperti kecelakaan, penyakit, atau kerusakan properti, asuransi adalah payung yang melindungi kita dari konsekuensi keuangan yang tak terduga. Sejarah asuransi konvensional mencakup perjalanan panjang yang mengarah ke bentuk yang kita kenal sekarang.

Perkembangan Awal

Sejarah asuransi konvensional dimulai pada zaman kuno, ketika perdagangan maritim mulai berkembang. Pedagang Mesir dan Babilonia yang berani menghadapi risiko kehilangan kargo mereka dalam perjalanan laut mulai membentuk kelompok yang disebut “kolektif kontribusi” untuk melindungi satu sama lain. Ini adalah bentuk awal dari apa yang kita sebut sebagai asuransi.

Asuransi Maritim di Dunia Kuno

Asuransi konvensional pertama kali mendapat perhatian yang signifikan di dunia maritim. Pada abad ke-12, di pusat perdagangan laut Italia, para pedagang mendirikan “asuransi prangko” yang berfungsi untuk melindungi kapal dan kargo mereka. Polis asuransi pertama tercatat berasal dari Genoa pada abad ke-14, menunjukkan bahwa praktik asuransi semakin terorganisir.

London: Pusat Asuransi Dunia

- Advertisement -

Pada abad ke-17, London menjadi pusat utama asuransi di dunia. Di sini, Lloyds of London didirikan pada tahun 1688 dan menjadi lembaga asuransi terkenal yang menyediakan asuransi kelautan. Pada masa ini, konsep premi asuransi dan polis asuransi semakin diterima secara luas.

Asuransi Jiwa Modern

Asuransi jiwa modern muncul di awal abad ke-18. Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat finansial kepada keluarga atau ahli waris seseorang jika orang tersebut meninggal. Konsep ini berkembang dari gagasan bahwa kematian seseorang dapat meninggalkan keluarga dalam kesulitan keuangan. Pada tahun 1759, perusahaan asuransi jiwa tertua di dunia, The Equitable Life Assurance Society, didirikan di London.

Perkembangan Asuransi Properti dan Kendaraan

Dalam abad ke-19, asuransi properti dan kendaraan bermotor mulai berkembang. Penemuan mesin uap dan pertumbuhan industri memicu permintaan asuransi yang lebih luas. Perusahaan-perusahaan asuransi mulai menawarkan perlindungan bagi properti, kendaraan, dan peralatan bisnis.

Asuransi Modern

Pada abad ke-20, asuransi menjadi lebih kompleks dan beragam. Perusahaan asuransi mulai menawarkan berbagai jenis asuransi, termasuk asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kerugian bisnis, dan banyak lagi. Pada saat ini, pemerintah juga mulai mengatur industri asuransi untuk melindungi konsumen dan memastikan transparansi dalam bisnis asuransi.

Kesimpulan

Sejarah asuransi konvensional adalah kisah panjang perjalanan manusia untuk melindungi diri dari risiko finansial yang tak terduga. Dari kolektif kontribusi di zaman kuno hingga perusahaan asuransi global yang kita kenal sekarang, asuransi telah memainkan peran penting dalam membantu individu dan bisnis mengatasi ketidakpastian finansial. Dengan perubahan yang terus berlanjut dalam dunia asuransi, penting bagi kita untuk memahami dasar-dasar konsep ini dan bagaimana mereka memengaruhi kehidupan kita.

- Advertisement -
Exit mobile version