- Advertisement -

Syarat Menjadi Anggota IATA dan Proses Pengajuan Keanggotaan

Syarat Menjadi Anggota IATA
Syarat Menjadi Anggota IATA. (Foto: CHUTTERSNAP/Unsplash)
- Advertisement -

Indotimes.co.id – Syarat menjadi anggota IATA dan proses yang perlu dipenuhi. Dengan memenuhi syarat dan mempersiapkan diri dengan baik, bisnis travel Anda berpeluang menjadi anggota IATA dan meraih keuntungan serta pengakuan di industri travel global.

Keanggotaan IATA (International Air Transport Association) menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis travel, termasuk akses ke jaringan maskapai luas, kredibilitas di mata konsumen dan bisnis yang lebih efisien.

Sebelum Anda Mengajukan Keanggotaan IATA

Menjadi anggota IATA mengharuskan bisnis travel memenuhi kriteria tertentu. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan keanggotaan:

  • Jenis Keanggotaan: IATA menawarkan berbagai jenis keanggotaan, masing-masing dengan hak dan kewajiban tersendiri. Pilih jenis keanggotaan yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis Anda.
  • Kesehatan finansial: IATA mengharuskan bisnis travel memiliki kondisi keuangan yang sehat. Ini biasanya ditunjukkan melalui laporan keuangan dan bukti kepemilikan modal kerja yang cukup.
  • Pengalaman dan keahlian: IATA mencari anggota yang berpengalaman dan memiliki keahlian di bidang travel. Ini bisa dibuktikan dengan riwayat kerja tim dan pengalaman di industri travel.
  • Komitmen terhadap standar IATA: Anggota IATA wajib mematuhi berbagai standar dan peraturan yang ditetapkan IATA. Ini mencakup hal-hal seperti penjualan tiket, penanganan keuangan, dan keamanan.

Syarat Menjadi Anggota IATA

- Advertisement -

Setelah memahami hal di atas, berikut adalah beberapa syarat umum yang perlu dipenuhi untuk menjadi anggota IATA:

  1. Memiliki legalitas usaha: Bisnis travel harus terdaftar sebagai badan usaha resmi sesuai dengan peraturan di negara tempat beroperasi.
  2. Memiliki lokasi operasi yang jelas: IATA membutuhkan bukti kepemilikan atau sewa ruang kantor yang berfungsi sebagai tempat operasional bisnis travel Anda.
  3. Sistem reservasi dan ticketing: IATA mengharuskan anggotanya memiliki sistem reservasi dan ticketing yang terhubung dengan jaringan global IATA.
  4. Jaminan keuangan: Untuk melindungi maskapai dan konsumen, biasanya dibutuhkan jaminan keuangan yang nilainya ditetapkan berdasarkan jenis keanggotaan dan volume transaksi.
  5. Sumber daya manusia yang kompeten: IATA mewajibkan bisnis travel memiliki staf yang kompeten dan berpengalaman dalam menangani penjualan tiket, layanan pelanggan, dan operasi travel lainnya.

Proses Pengajuan Keanggotaan IATA

Setelah melengkapi persyaratan, langkah selanjutnya adalah mengajukan keanggotaan ke IATA melalui asosiasi IATA di negara Anda. Prosesnya umumnya meliputi:

  1. Pengumpulan dokumen: Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan, seperti akta pendirian perusahaan, laporan keuangan, bukti kepemilikan kantor, dan rincian pengalaman tim.
  2. Pengajuan ke IATA: Ajukan keanggotaan melalui asosiasi IATA di negara Anda.
  3. Pembayaran biaya pendaftaran: Bayarkan biaya pendaftaran dan biaya keanggotaan tahunan yang ditetapkan IATA.
  4. Evaluasi dan persetujuan: IATA akan melakukan evaluasi terhadap kelengkapan dokumen dan kesesuaian bisnis travel dengan kriteria yang ditetapkan.

Keanggotaan IATA menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis travel. Namun, ada persyaratan dan proses yang perlu dipenuhi. Dengan memenuhi syarat dan mempersiapkan diri dengan baik, bisnis travel Anda berpeluang menjadi anggota IATA dan meraih keuntungan serta pengakuan di industri travel global.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan proses keanggotaan IATA, Anda dapat menghubungi IATA di negara Anda atau Anda dapat menghubungi jasa pengurusan disini melalui Whatsapp.

- Advertisement -
Exit mobile version