JAKARTA, Indotimes.co.id – Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kembali menggelar KejuaraanNasional (Kejurnas) di Sport Mall (Britama Arena) Kelapa Gading Jakarta, 18-22Desember. Kejurnas kali ini baklan seru, karean diikutipara pemain kelas dunia,seperti Hendra Setiawan, Greysia Polii, dan Tontowi Ahmad yang akan membelaklubnya masing-masing.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Achmad Budiharto di Jakarta, Senin (17/12), mengatakan Kejurnas kalai ini serasa kejuaraan internasional, karena diikuti oleh pemain yang sudah pernah meraih berbagai gelar juara di turnamen internasional, dan sudah tentunya bakal menyajikan pertandingan kelas dunia.

Menurut Budiharto ada tujuan lain dari penyelenggaraan Kejurnas 2018 ini, dimana  PBSI akan menarik setiap juara dari Divisi 1 dan memasukkannya ke program pemusatan latihan nasional (Pelatnas). “Dari Divisi 2 juga punya peluang untuk ikut pelatnas, tapi dengan berbagai pertimbangan,” ungkap Budiharto.

Budiharto menmabhkan untuk Kejurnas kali ini, panpel akan bergulir di dua tempat. Untuk divisi I dihelat di Britama Arena, dan divisi II akan bergulir di Gelanggang Remaja Tanjung Priok.

Baca juga :  Gweneth Terus Belatih, Bidik Kejuaran Dunia Junior 2022

“Di  Britama Arena persiapannya sudah 80 persen karena kesempatan kami untuk me-setting baru bisa tadi malam pukul 22.00 WIB. Tapi, kendala di Britama adalah turbulence. Maka kami akan mengatur Air Conditioner (AC) agar para pemain bisa tampil optimal. Sementara untuk di Tanjung Priok tidak ada masalah,” tandas Budiharto.

Sementara Kabid Binpres PBSI Susy Susanti menambahkan ketentuan peserta yang masuk Divisi 1, ialah klub yang memiliki kontribusi besar dalam mengirimkan atlet ke program pelatnas, atlet atau klub yang meraih gelar juara di Kejurnas tahun lalu, dan atlet yang masuk rangking 30 besar dihitung dari sebulan sebelum Kejurnas berlangsung.

Terpisah Ihsan Maulana Mustofa, yang turun bersama PB Djarum Kudus, bertekad akan tampil sebaik mungkin pada Kejurnas ini. Apalagi lawan yang dihadapi juga bakal berat, atlet pelatnas khususnya.

Baca juga :  Turnamen Esports Piala Menpora Kedepannya Libatkan Peserta Luar Negeri

Ihsan mengakui parta pesaingnya seperti Anthony Ginting yang membela SGS PLN Bandung menjadi lawan yang cukup berat.

Sedang PB Jaya Raya, melalui ketua harianya Imelda Wiguna, mengakui pihak kemungkinan besar tidak akan diperkuat pemian andalan mereka di nomor ganda Marcus Fernaldi Gideon, karena masih dalam tahap memulihan dari cedera yang dialaminya.

Marcus, yang berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo di BWF World Tour Finals Guangzhou 2018, terpaksa mundur dari ajang bergengsi tersebut, mengalami cedera leher sejak laga pertama.

Klub-klub yang akan ikut serta di Kejurnas, yakni Jaya Raya, Djarum, Mutiara Kardinal, SGS PLN, Exist, Berkat Abadi, PBAD, Banda Baru, Menang Kalah Sehat Singaraja, Elang Yogyakarta, Jaya Raya Satria, Kamajaya Merangin, ICLI Gowats Sungguminasa, Tunas Jaya Kasturi, PBSI Pangkal Pinang, serta Sentra Banjarmasin.