JAKARTA, Indotimes.co.id – Sepuluh petenis putra terbaik Indonesia mengikuti seleksi tim Piala Davis (Davis Cup) Indonesia di lapangan tenis Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, 3-7 Januari 2023.

Mereka terbagi dalam dua grup, yakni Lucky Candra Kurniawan, David Agung Susanto, Achad Imam Maruf, Renaldi Aqila Arifadli Salim dan Ega Uneputy di Grup Yustedjo Tarik. Sementara Tegar Abdi Satrio Wibowo, Anthony Susanto, Claudio Renardi Lumanauw, Rifqi Sukma Ramadhan dan Jeremy Nahor masuk Grup Atet Wijono.

“Mereka akan bermain round robin, saling ketemu di grup hingga mengerucut, muncul empat petenis terbaik yang akan mendampingi Christopher Rungkat, Muhammad Rifqi Fitriadi dan Nathan Anthony Barki yang telah berada di tim Piala Davis,” ucap Ketua Bidang Pembinaan PP Pelti, Suharyadi.

Lebih lanjut, peraih emas ganda campuran Asian Games 1990 ini menambahkan bahwa seleksi ini merupakan tahap lanjutan dari pemanggilan 16 petenis putra nasional sejak akhir tahun silam.

“Pemain juga telah menjalani tes fisik pekan lalu dan nantinya akan ada uji coba ikut dua turnamen ITF World Tennis Tour M15 di Jakarta, pertengahan Januari,” paparnya.

Adapun tim Piala Davis Indonesia bakal melakoni laga hidup mati, Play Off Grup ll menghadapi tuan rumah Vietnam, 4-5 Februari 2023. Hanya kemenangan yang bisa menyelamatkan tim ‘Merah Putih’ dari degradasi ke Grup lll Zona Asia Oseania, kasta terendah dalam sejarah negeri ini di ajang perebutan lambang supremasi tenis beregu putra dunia ini.

Selain seleksi dalam pengawasan duet pelatih, Bonit Wiryawan dan Sulistyo Wibowo, duo petenis yang menjadi ujung tombak tim tengah mengikuti rangkaian pertandingan.

“Rifqi tengah berada di Monastir, Tunisia ikut turnamen ITF M15 sejak akhir tahun lalu. Sedangkan Christo tampil di ATP Challenger Bangkok mulai Minggu ini. Sementara Nathan Barki masih menjalani program latihan bersama personal-coachnya di Singapura,” pungkas Suharyadi.