JAKARTA, Indotimes.co.id – Empat belas petenis tunggal putra- putri Indonesia sukses melewati rintangan pertama Pusaka ITF Word Tennis Tour Junior di Jakarta, Senin (1/7). Enam petenis putra dan delapan putri berhasil melaju ke babak kedua, menyusul jejak 10 andalan tuan rumah yang menempati posisi unggulan di turnamen internasional ITF level J60 ini.

“Ini hasil babak awal yang menggembirakan, ada 24 wakil Indonesia di babak kedua Pusaka World Tennis Tour Junior. Termasuk diantaranya adalah lima penerima fasiltas wild card. Semoga hasil positif ini mampu terus melangkah ke fase selanjutnya,” ujar Direktur Turnamen, Susan Soebakti di arena pertandingan, lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Salah satu wakil Merah Putih yang menorehkan hasil gemilang itu adalah Gwen Emily Kurniawan. Cucu maestro bulutangkis Rudy Hartono ini mampu membungkam wakil Korea Selatan, Soo Young Choi 7-5, 6-3.

Di babak kedua, Selasa (2/7), petenis wild card itu menantang unggulan teratas tunggal putri, Cocomi Saito dari Jepang yang berperingkat 548 dunia junior.

Dua penerima wild card lainnya juga tak kalah kinclong. Sofia Grace Santosa mampu membekap wakil Taipei, Ruo-qing Mao 6-1, 6-1. Jesslyn Kartawinata menyisihkan kompatriotnya, Joyceline Daryl Calista 6-0, 6-1.

Pada babak 32 besar, keduanya bakal terlibat duel saudara, sesama wakil Merah Putih. Sofia menantang unggulan ketiga, Mischka Sinclaire Goenadi, sedangkan Jesslyn menghadapi Shinar Zahra Shukayna Her Sunggoro yang menempati posisi unggulan ke-15.

Di tunggal putra, Dwi Ade Rahmantoro unggul straight set atas Hamza Roman (Pakistan) 6-2, 6-1. Sementara Alfaradu Sumirat harus bersusah payah menggusur petenis kualifikasi asal Jepang, Keisei Miyagishi 3-6, 6-1, 6-4.

Pada fase kedua, Alfaradu akan menguji unggulan ke-14, Seungjun Yu (Korsel) sedangkan Dwi Ade meladeni Jacob Kailiang Shen dari Hongkong, seeded kesembilan.

Pusaka ITF World Tennis Tour Junior Jakarta ini diikuti oleh petenis yang berasal dari 14 negara. Selain tuan rumah, Indonesia, peserta datang dari Australia, India, Pakistan, Jepang, Tiongkok, Taipei, Hongkong, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Vietnam, Singapura,  Spanyol dan Amerika Serikat.