JAKARTA, Indotimes.co.id – Sebanyak 287 atlet berprestasi mengikuti Seleksi  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kegiatan ini merupakan bagian rencana pengangkatan 240 atlet dan 47 atlet difabel Formasi Khusus Atlet Berprestasi Tahun 2018 untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemenpora.

“Keberhasilan Asian Games 2018 baik dari sisi penyelenggaraan dan prestasi menjadi kebanggaan bagi  Indonesia. Indonesia ada di peringkat 4 dengan 31 emas. Peraihan 31emas ini merupakan proses yang cukup panjang. Karena itu, apresiasi yang kita berikan pada atleg berprestasi salah satunya adalah penerimaan CPNS Formasi Khusus,” ujar

Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi pada Sekretariat Kemenpora,  Aris Subiyono saat membuka Persiapan Seleksi CPNS Formasi Khusus Atlet Berprestasi Tahun 2018, di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (26/9).

Baca juga :  BRI Dukung Penuh Asian Para Games 2018

Menurut Aris, pengangkatan PNS ini sudah di setujui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB), berdasarkan surat keputusan Menpan RB No. 38 tahun 2018 tentang ketentuan pegawai aparatur sipil di lingkungan Kemenpora tahun anggaran 2018.

Terkait hal itu sebanyak 287 atlet berprestasi akan diangkat menjadi PNS. Selain itu, kami juga membuka formasi untuk umum tapi jumlah hanya 30 orang.

“Pengajuan atlet berprestasi jadi PNS berdasarkan usulan para pengurus cabang olahraga dan data prestasi yang kami peroleh dari Deputi III Kemenpora,” jelas Aris.

Sementara itu, Kabag SDM Aparatur, Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora Sumadi menjelaskan pemerintah melalui Kemenpora memberikan penghargaan kepada olahragawan berprestasi yang telah menorehkan catatan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia dalam berbagai even internasional, mulai dari SEA Games, Asian Games, Para Games hingga Olimpiade.

Baca juga :  Ketika Pendekar Kungfu Cilik Laba Laba Sakti Buat Kejutan

“Mengangkat  atlet berprestasi merupakan salah satu bentuk pemberian penghargaan pemerintah kepada atlet berprestasi dan untuk mewujudkan hal tersebut harus dilalui berbagai tes dan pemberkasan sesuai dengan yang di atur oleh UU,” kata Sumadi.

Kegiatan persiapan Seleksi CPNS Kemenpora 2018, diikuti oleh 287 atlet yang terdiri dari 240 atlet dan 47 atlet difabel berprestasi yang berasal dari 29 induk organisasi olahraga. Para atlet yang diangkat tersebar di 28 cabang olahraga yang di tambah dengan National Paralympic Committe (NPC).