JAKARTA, Indotimes.co.id – Kejutan Achad Imam Maruf (24 tahun) terus berlanjut di Mandiri Tennis Open 2022. Non-unggulan wakil Papua Barat itu sukses melangkah ke final turnamen yang menyediakan hadiah total Rp 200 juta ini setelah mengalahkan Anthony Susanto (Jawa Timur) di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Sabtu (12/2).

Achad menang straight set atas unggulan kedua itu dengan skor akhir 6-4 7-6(3).

“Kami berdua seumuran dan saya lebih sering kalah, jadi hanya berpikir nothing to lose saja. Beruntung sekarang bisa menang,” ujar Achad yang masuk babak utama menggunakan fasilitas wild card karena peringkat nasionalnya tidak mencukupi.

Di final, Minggu (13/2), Achad akan kembali terlibat bentrok dengan wakil Jawa Timur, M. Rifqi Fitriadi (23) yang menempati posisi unggulan teratas karena bercokol di peringkat tunggal nomor satu Indonesia. Di semi final, Rifqi mengalahkan Ega Uneputty (Bangka Belitung) 6-3 7-5.

“Hasil ini sudah jauh melebihi ekpetasi, apalagi yang akan dihadapi adalah petenis nomor satu. Seperti pertandingan sebelumnya, saya akan fight saja,” tekad pria kelahiran Bantul (DIY) ini.

Sedang di kelompok putri, Fadona Titalyana (21) juga membuat kejutan. Petenis Kalimantan Selatan itu sukses menyingkirkan Beatrice Gumulya dari Jawa Timur.

Unggulan keempat itu menang atas seeded kedua dengan kedudukan akhir 6-4 6-2.
“Tadi main nggak beban, yang penting bertahan dulu dengan bola-bola tetap panjang ke baseline, yang penting tidak mati sendiri,” tutur perempuan kelahiran Kediri ini.

Di laga terakhir, Fadona akan berhadapan dengan unggulan teratas, Aldila Sutjiadi yang memenangi partai semifinal antara petenis Jawa Timur dengan Jessy Rompies. Aldila menang atas unggulan ketiga itu dengan skor 7-5 6-3.

“Semoga bisa main lebih baik di final besok. Yang penting, enjoy saja,” pungkas Fadona.

Berikut ini hasil Semi Final, Sabtu (12/2)

Tunggal Putra:
(1)M. Rifqi Fitriadi v (3)Ega Uneputty 6-3 7-5
Achad Imam Maruf v (4)Anthony Susanto 6-4 7-6(3)
Tunggal Putri
(1)Aldila Sutjiadi v (3)Jessy Rompies 7-5 6-3
(4)Fadona Titalyana v (2)Beatrice Gumulya 6-2 6-4

Jadwal Final

Tunggal Putra:
1-M. Rifqi Fitriadi v Achad Imam Ma’ruf

Ganda Putra :
Gunawan Trismuwantara/Rifqi Fitriadi v Rafli Feby
Tunggal Putri
1-Aldila Sutjiadi v 4-Fadona Titalyana

Ganda Putri :
Beatrice Gumulya/Jessy Rompies v Fitriana Sabrina/Fitriani Sabatini