Tinjau Pelatnas Esport SEA Games, Menpora Minta Atlet Tunjukan Prestasi Terbaik

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Tim Esports Indonesia SEA Games 2021 Vietnam di Jeep Station Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Senin (7/3). 

Dihadapan para atlet Pelatnas ESports Indonesia SEA Games 2021, Menpora meminta para atlet mampu tunjukan prestasi terbaik, karena mereka mendapatkan yang terbaik dari
Pengurus Besar ESports Indonesia (PBESI);selama menjalani pelatnas.

Menpora yang hadir didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti disambut hangat Ketua Harian Pengurus Besar ESports Indonesia (PBESI) KomJen Pol.Drs. Bambang Sunarwibowo, SH, M. Hum, jajaran pengurus dan pelatih timnas Esports. 

Dalam sambutannya, Menpora Amali memberikan motivasi dan semangat kepada 128 atlet yang mengikuti Pelatnas SEA Games 2021. Dia mengingatkan bahwa 128 yang hadir di Pelatnas tersebut merupakan yang terbaik dari seluruh peserta yang ikut di seluruh Indonesia. 

“Bayangkan dari sekian banyak atlet Esports yang ada di Indonesia hanya ada 128 yang terundang  ke tempat Pelatnas ini, berarti kalian orang-orang terpilih dan orang-orang hebat,” kata Menpora. 

Disamping itu, Menpora juga menyampaikan bahwa tujuan paravatlet tersebut berada di Pelatnas tidak lain untuk membuat 270 juta rakyat Indonesia bangga dengan torehan prestasi di SEA Games yang digelar di Hanoi, Vietnam mendatang. 

“Itu utamanya, bagaimana 270 rakyat Indonesia menjadi bangga, kalian harus berprestasi, kembali ke Tanah Air membawa medali,” ujarnya. 

Menpora juga menjelaskan bahwa hanya ada dua kejadian yang membuat bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan di luar negeri yakni ketika kepala negara berkunjung dan ketika atlet berprestasi. 

Saat ini, lanjutnya, PBESI telah memberikan fasilitas yang lengkap dan lebih baik dari Pelatnas SEA Games beberapa waktu yang lalu, mulai dari akomodasi, tempat latihan, internet bahkan nutrisi atlet diperhatikan. 

“PBESI sudah menyiapkan fasilitas yang lengkap, harus kalian balas dengan prestasi di training camp di tempat yang bagus, nutrisi yang bagus, ada pelatih asing, masa pulang-pulang medalinya sedkit,” jelasnya. 

Menpora Amali pun berpesan agar 128 atlet ini menunjukan kerja keras, disiplin dan mematuhi semua perintah dan instruksi pelatih. Sebab, meski ada yang tidak terpilih dalam SEA Games tahun ini, tapi kedepannya masih banyak kejuaraan dunia Esports yang bisa diikuti. 

Selanjutnya, Menpora memastikan bahwa pemerintah mendukung penuh kemajuan olahraga Esports di Indonesia. “Kemenpora akan selalu memberikan dukungan kepada pengurus Esports Indonesia dan perkembangan cabang olahraga Esports di Tanah Air. Kita mensupport terus, pastikanlah prestasi demi prestasi bisa ditunjukan, maka tentu dukungannya akan makin bertambah,” tandasnya. 

Menpora pun mengungkapkan bahwa Esports merupakan cabang olahraga Pelatnas SEA Games 2021 pertama dikunjunginya. “Jadi saya belum berkunjung ke cabang olahraga lain yang sekarang sedang Pelatnas. Kunjungan pertama saya ke Pelatnas Esports, mudah-mudahan itu akan terjawab dengan prestasi, semangat terus untuk Indonesia yang makin maju.

Menpora juga menegaskan pemerintah dalam hal ini Kemenpora memberikan support dan dukungan penuh terhadap cabang Esports.

Terlebih lagi, setelah mendapatkan pemaparan dari Ketua Harian PBESI, tentang perkembagan Esports di Indonesia. “Soal nanti seperti apa kedepannya, saya sudah diberi keyakinan dan penjelasan oleh kepala pelatih dan menejer. Pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap persiapan atlet dan kontingen Esport Indonesia,” tambahnya.

Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo sampaikan didepan Menpora Amali bahwa organisasi Esport sudah ada di 514 kabupaten/kota di Indonesia. “Organisasi Esport sudah ada di 514 kab/kota. Tahun ini kita juga akan melaksanakan World Championship yang akan digelar di Bali diikuti 120 negara di dunia,” ujarnya.

“Kita juga laksanakan pembinaan berjenjang mulai dari Piala Pelajar, Piala Mahasiswa, hingga Liga 2 dan Liga 1 yang dilaksanakan pada tahun ini. Konsep pertandingannya juga dilaksanakan secara internasional melalui program yang dikoordinasikan dengan baik dengan federasi internasional,” ungkapnya.

Pelatnas Esports Indonesia SEA Games 2021 di Jeep Station Indonesia, Bogor, Jawa Barat, diikuti 128 atlet. Nantinya jumlah atlet tersebut akan dikerucutkan hanya tinggal 66 atlet yang akan menjadi squad intim timnas Esport Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

Pada SEA Games 2021 Vietnam, cabang ESports memperebutkan 10 medali emas. PBESI sendiri mengharapkan Indonesia mampu mempersembahkan medali emas di pesta Akbar olahraga mulrtevent se- Asia Tenggara kali ini

Exit mobile version