JAKARTA, Indotimes co.id – Tim Nasional (Timnas) Catur Indonesia bertekad mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada SEA Games 2019 Filipina, saat tampil di SEA Games 2021 yang bakal digelar di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei 2022.

Demikian ditegaskan Pelatih Kepala Tim Catur Indonesia, Kristianus Liem di Jakarta, Jumat (1/4). Namun, persiapan GM Susanto Megaranto dan kawan-kawan masih terkendala belum adanya kepastian uji coba ke luar negeri.

“Persiapan Timnas Catur Indonesia masih terkendala uji coba ke luar negeri dalam upaya mewujudkan keinginan mempertahankan gelar juara umum di SEA Games 2021 Vietnam. Karena, GM Susanto Megaranto dan kawan-kawan butuh penyesuaian irama dan tempo permainan saat tampil di nomor spesialis, Rapid Chess dan Blitz Chess. Semua tu hanya bisa didapat dari uji coba dengan pecatur yang ratingnya lebih tinggi,” ujar Kristianus Liem, yang ketua Bidang Binpres PB Percasi itu.

Menurut Kristianus Liem, ada empat negara yang sudah masuk dalam program uji coba ke luar negeri Timnas Catur Indonesia. Yakni, Islandia, India, China, dan Australia. “Dari empat negara itu baru Australia yang sudah memberikan jawaban. Tetapi, kita masih terkendala masalah visa.

Sedangkan India masih belum memberikan jawaban. Sedangkan uji coba ke China sudah tidak mungkin lagi dilakukan karena ada ketentuan Tim Catur Indonesia harus menjalani karantina selama 14 hari. Begitu juga Islandia yang sudah berlangsung turnamennya,” jelas Kristianus Liem.

Untuk memuluskan rencana uji coba tersebut, kata Kristianus Liem, pihaknya butuh bantuan dari Menpora Zainudin Amali dalam melobi pemerintah India maupun Australia.

“PB Percasi berharap pak Menpora Amali bisa memberikan bantuan untuk mewujudkan rencana uji coba tersebut. Kalau bisa dibantu pak Menpora Amali melakukan uji coba di India itu akan lebih baik karena India punya banyak Grand Master (GM) dibandingkan di Australia,” tandasnya.

Pada SEA Games 2019 Filipina, Timnas Catur Indonesia menyumbangkan 2 emas dan 3 perak dan 1 perunggu bagi Kontingen Indonesia. Kedua medali emas diraih GM Susanto Megaranto dan GMW Medina Aulia. Sedagkan 3 perak bersasa dari Chelse Sihite, Ummi Fisabilillah dan M Ervan. Dan, 1 perunggu dari Irene Kharisma Sukandar.

Berikut ini, para pecatur yang memperkuat Timnas Catur Indonesia SEA Games 2021 VIetnam :

Putra – GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, MI Mohamad Ervan, MI Azarya Jodi Setyaki, MI M Lutfi Ali, dan MI Sean Winhand Cuhendi, dan MI Yoseph Taher.

Putri – GMW Irene Kharisma Sukandar, MIW Ummi Fisabilillah, MIW Dewi Adriani Anastasia Citra, GMW Medina Warda Aulia, dan MIW Chelsea Monica Ignesia Sihite.