JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kepada para pemain timnas bola basket putra untuk matangkan mental tanding dan dapat bermain lepas saat tampil di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menpora saaa meninjau Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Bola Basket SEA Games 2021 Vietnam di Gedung Basket GBK Senayan Jakarta, Selasa (26/4) malam.

“Kalau tekhnik, saya lihat pemain-pemain kita tak berbeda jauhlah. Mentalnya ini yang penting,” kata Menpora, seusai meyaksikan laga uji coba timnas basket putra melawan para pemain asing yang berlaga di ajang IBL musim ini.

Menurut Menpora para atlet Indonesia masih ada minder jika berhadapan dengan pemain luar negeri. “Anak-anak kita yang disiapkan untuk SEA Games 2021 Vietnam melawan pemain-pemain IBL yang dari luar negeri untuk menjadi sparing partner. Sebab, biasanya kalau berhadapan dengan pemain dengan kualitasnya diatasnya kadang ada rasa mindernya,” ungkapnya.

Kunjungan ke Pelatnas basket ini merupakan kali kedua dilakukan Menpora. Kali ini Menpora Amali berkesempatan melihat langsung permainan atlet basket menjelang SEA Games Mei 2022 mendatang. “Ini kunjungan saya yang kedua di Pelatnas Basket ya, yang pertama waktu mereka latihan fisik di GBK Arena dan ini saya datang karena sedang ada game-nya,” tuturnya pula.

“Laga seperti ini sangat baik, agar anak-anak kita terbiasa dengan menghadapi pemain-pemain yang lebih diatasnya dari segala aspek dan ini bagus untuk melatih mentalnya. Nah ini karena telah terbiasa di kompetisi setelah musim IBL tahun ini kelihatannya mainnya lepas,” tandasnya.