, Indotimes.co.id -Ketua Umum Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia () Luhut Binsar Panjaitan meminta para atlet cabor atletik yang akan tampil di SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei mendatang memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Luhut meminta dan kawan-kawan harus mampu mengukir yang membanggakan, lebih baik dari SEA Games sebelumnya. Para atlet menurutnya harus punya motivasi tinggi dalam menggapai prestasi.

Hal tersebut disampaikan Luhut, dalam acara halal bihalal dan pelepasan atlet dan pelatih atletik yang akan tampil di SEA Games 2021 di Atlet Century Park, Jakarta, Minggu (8/5) malam.

“Jangan hanya sekadar ikut saja. Kita harus membawa prestasi dan itu tak bisa diraih tanpa kerja keras dan spirit untuk menang,” tegas Luhut dihadapan para atlet dan pelatih.

Luhut mencontohkan, bahwa atlet harus bisa seperti Komando Pasukan Khusus () yang memiliki daya juang dan tak mau kalah. “Saya 32 tahun jadi tentara, 21 tahun di Kopassus. Kopassus itu hebat karena mereka berlatih. Karena mereka terus berlatih, mereka yakin pasti mereka akan menang. Jadi kuncinya adalah berlatih dan spirit,” kata Luhut yang juga melatih para pasukan komando tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa peran pelatih sangat berpengaruh dalam prestasi atlet. Untuk itu, dia berharap pelatih dapat memberikan program yang baik.

Pada kesempatan itu, Luhut yang didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB PASI, Tigor Tanjung, meminta para atlet yang dikirim ke SEA Games Vietnam untuk mampu memecahkan rekor masing-masing.

Selain meraih medali untuk “Merah Putih”, mereka ditantang untuk memberikan hasil terbaik secara individu. “Targetnya delapan emas, mungkin lebih bisa dikejar. Selain medali juga pecahkan catatan waktu dan rekor kalian masing-masing,” ujar Luhut pula.

Luhut menambahkan prestasi itu tidak akan datang tanpa latihan keras, serta spirit yang tinggi untuk menang. Karenanya para atlet harus tetap memiliki tekad tinggi untuk dan terus berlatih. Selain itu para atlet hendaknya juga dapat menjaga diri karena ajang olahraga Asia Tenggara itu digelar masih di tengah pandemi.
“Jangan pernah berhenti berlatih. Jangan pernah mimpi berprestasi kalau berhenti berlatih. Jadi berlatih itu kuncinya,” tandasnya.

Pada SEA Games Vietnam 2021 PB PASI menurunkan 23 atlet untuk mengikuti SEA Games Hanoi dengan menargetkan delapan medali emas dari dari sembilan belas nomor yang diikuti.

Selain Zohri, atlet yang akan bersaing pada sektor putra ada Sapwaturrahman, Abdul Hafiz, Halomoan B Simanjuntak, Hendro, Atjong Tio Purwanto, Agus Prayogo, Bayu Kertanegara, Eko Rimbawan, Sudirman Hadi, Wahyu Setiawan, dan Adit Rico.

Sementara untuk putri yakni Emilia Nova, Maria Londa, Agustina Manik, Odekta Naibaho, Eki Febri Ekawati, Mayasari, Tyas Murtiningsih, Erna Nuryanto, Jenny Agreta, Hasruni Rahim, dan Valentine Lonteng.

Khusus untuk Eki Febri Ekawati sejauh masih menunggu kepastian terkait nasib dari nomor tolak peluru putri yang dalam Delegation Registration Meeting (DRM) batal diperlombakan.

Terkait hal itu, Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung mengatakan, sejauh ini, pihaknhya terus berupaya seperti bersurat kepada Asosiasi Ateltik Asia (AAA) dan Federasi Nasional (FN) agar nomor tersebut tetap dilombakan.

“Kami meminta agar nomor tersebut tetap dilombakan mengingat para atlet sudah berlatih sekian lama dan selama ini paceklik kompetisi,” tutup Tigor Tanjung.