JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pengprov Pordasi ) DKI Jakarta,b Aryo PS Djojohadikusumo optimisme atlet berkuda DKI Jakarta bisa meraih prestasi terbaik ketika tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. Pihaknya telah mempersiapkan beberapa program penting dalam meningkatkan olahraga berkuda di Jakarta, termasuk keberadaan kantor Podasi DKI  Jakarta yang baru dimiliki.

Hal tersebut disampaikan Aryo,  dalam sambutanya pada peresmian kantor baru Pengprov Pordasi DKI Jakarta yang berada di Gedung Tribune Jakarta International Park Pulomas,  Jakarta Timur, Minggu (15/5).

Peresmian Kantor Pengprov Pordasi DKI Jakarta, dilakukan oleh Wakil Jakarta, Ahmad Riza Patria. Wagub DKI dalam sambutanya mengharapkan dengan adanya kantor baru ini, Pordasi DKI Jakarta mampu lebih baik lagi.

Ahmad Riza yakin dibawah kepemimpinan Aryo PS Djojohadikusumo, olahraga berkuda di DKI Jakarta, akan memberikan prestasi yang membanggakan baik untuk provinsi DKI Jakarta maupun prestasi tingkat nasional maupun internasional.

Terakhir cabang olahraga (cabor) berkuda digelar pada PON 2016 . Ketika itu, DKI Jakarta juara umum,dengan 5 medali cabor berkuda.

Keberadaan kantor baru Pordasi DKI Jakarta, sesuai dengan janji Aryo, yang resmi memimpin Pordasi DKI Jakarta pada November 2021 lalu, menggantikan Almarhum Alex Asmasoebrata.

Putra pengusaha yang juga salah satu pendiri Jakarta Polo and Equestrian Club (JPEC), Hashim Djojohadikusumo, ketika itu pun menjanjikan mendirikan kantor baru untuk pertama kali dalam 17 tahun, agar pengurus Pordasi DKI Jakarta punya tempat yang nyaman untuk bekerja.

“Dengan kantor yang lebih nyaman, mudah-mudahan dapat membantu meningkatkan dan memaksimalkan kinerja semua pengurus Pordasi DKI Jakarta dalam memajukan olahraga berkuda di Jakarta dan Indonesia tentunya,”kata Aryo.

Selain itu juga Aryo juga akan menjalin kerjasama dengan berbagi pihak demi memajukan olahraga berkuda di Jakarta dan Indonesia. Hal ini penting agar olahraga berkuda DKI Jakarta bisa meraih prestasi tertinggi, tak hanya di PON tapi juga kejuaraan nasional dan Internasional.

Satu diantaranya adalah berkerjasama dengan Institut Bogor (IPB) terkait penelitian trah kuda Indonesia. Kerja sama ini meliputi bidang , penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penerapan dan juga kerja sama lainnya yang terkait dengan peternakan dan kuda. Penelitian itu menyangkut trah kuda asli Indonesia yang dapat bersaing dalam kegiatan olahraga berkuda, khususnya olahraga Pacu dan Olahraga Berkuda Memanah.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap penelitian ini dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kuda-kuda trah asli Indonesia agar kuda tersebut dapat dikembangkan menjadi kuda-kuda yang mampu bersaing dengan kuda-kuda impor. Sangat jelas tujuan kerja sama ini demi memajukan olahraga berkuda di Indonesia dan yang paling utama agar mampu meningkatkan prestasi atlet berkuda Indonesia,” tandas Aryo.

Penanda tanganan kerjasama dengan IPB dilakukan berbarengan dengan peresmian kantor baru Pordasi DKI Jakarta di Gedung Tribune Jakarta International Park Pulomas,Jakarta Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Rektor IPB, Prof. Dr. Arief Satria beserta Wakil Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurochman dan Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat.