JAKARTA, Indotimes.co.id – Memasuki tahun ke-21 penyelenggaraannya, Pengurus Besar Persatuan catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kembali menggelar kejuaraan catur cepat Ramadhan Cup. Untuk tahun ini kejuaraan yang diberi titel ‘Ramadhan Cup PB Percasi 2024’ diikuti 350 peserta dari 20 provinsi di Indonesia berlangsung di Wisma Kemenpora Jakarta, 30-31 Maret 2024.

Ketua umum PB Percasi GM Utut Adianto, dalam sambutanya pada pembukaan kejuaraan, Sabtu (30/3) mengatakan gelaran Ramadhan Cup PB Percasi yang telah bergulir sejak 21 tahun lalu ini selain memberikan kesempatan untuk pecatur muda juga menjadi ajang silaturahmi antara pecatur di tanah air.

“Turnamen ini untuk lebih menjaga silaturahmi, jadi ada Ramadhan Cup dan Christmas Cup yang digelar setiap bulan Desember,” kata Utut .

Utut Adianto mengungkapkan antusiasme para peserta tidak pernah berkurang dari tahun ke tahun penyelenggaraan Ramadhan Cup.

Namun menurut Utut para pecatur akan mulai kehilangan minat ketika menghadapi tantangan usia kerja karena berkutat dengan hadiah yang relatif kecil. Tetapi PB Percasi tetap berkomitmen untuk memberikan wadah kepada para pecatur agar tetap menekuni bidang catur dengan menyelenggarakan turnamen setiap tahun diantaranya Ramadhan Cup, Christmas Cup hingga Japfa Cup.

“Kalau yang main catur banyak sekali, tetapi menjadi pecatur hebat itu tantangannya di usia kerja. Menekuni catur yang relatif hadiahnya kecil, dia booming kalau kelas dunia atau patah dia di situ,” ujar Utut pula.

Ditambahkannya, para pecatur tidak perlu khawatir dalam mengasah kemampuannya, sepanjang dia konsisten meniti kariernya, karena banyak turnamen yang digelar.

‘Tapi kan catur bisa ada 60 turnamen, ada Ramadhan Cup, Chritsmas Cup, Japfa Cup, Kejurnas, Kejurprov lalu di internasional-nya ada SEA Games, ASEAN Games, Olimpiade tentunya setiap tahun ada turnamen bervariasi,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panpel kejuaraan Ramadhan Cup PB Percasi 2024, Rikardo mengatakan untuk Ramadhan Cup kali ini
mempertandingkan 9 babak, yang terbagi empat kategori yaitu Open, Non Master, kategori kelompok umur U-12 dan U-16.

Selain memperebutkan total hadiah sebanyak 70 juta Rupiah, para pemenang di kejuaraan kali ini akan berkesempatan untuk memperoleh tiket menuju kompetisi internasional.

Diakuinya dibandingkan dengan gelaran Ramadhan Cup edisi sebelumnya, untuk tahun ini mengalami sedikit penurunan dari jumlah peserta.

Sebelumnya pada Ramadhan Cup 2023 diikuti oleh 397 pecatur dari 21 provinsi. Sedang tahun ini diikuti 350 perseta dari 20 provinsi.