TANGERANG, Indotimes.co.id – Indonesia berhasil menambah medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang dilangsungkan di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten, Selasa (6/12).

Tambahan sekeping emas itu berasal dari Kylie Suyoto Kwok untuk kategori taolu. Sekaligus menjadi emas ketiga Indonesia pada hari pertama pertandingan.

Turun di kelas junior A putri, permainan Changquan yang diperagakan Kylie cukup rapi dan mampu membuat dewan juri terpana. Akhirnya, dewan juri memberikan nilai tertinggi untuk Kylie dengan skor 9.303.

Atlet taolu binaan Sasana Rajawali Sakti Jakarta tersebut berhak mengibarkan bendera Merah Putih setelah poin perolehannya tak terkejar dari wakil Malaysia Kai Xin Wong yang menempati urutan dua dengan 9.226 poin dan atlet Macau Weng Ian Wong yang berada di posisi ketiga dengan torehan 9.223 poin.

Sementara Ivana Beatrice Liestio harus puas menduduki posisi keempat setelah hanya mendukang 9.213 poin.

Kylie Suyoto Kwok mengaku bersyukur bisa mempersembahkan medali emas untuk Tim Wushu Indonesia.

Apalagi, dia menyebut semua lawan yang tampil di ajang ini sangat bagus dan memiliki kualitas yang baik. “Semua lawan bagus-bagus, terutama saya lihat dari Malaysia dan Macau. Tapi bersyukur bisa meraih juara,” ungkap Kylie.

Hasil yang diraih ini sesuai yang diharapkan. Menurut dia, kerja keras selama dua bulan mengikuti program pemusatan latihan nasional (Pelatnas) bisa terbayar tuntas.

“Selama persiapan dua bulan tidak sia-sia, akhirnya prestasi yang saya inginkan tercapai,” terang pengidola Lindswell Kwok ini.

Di level internasional, Kejuaraan Dunia Wushu saat ini merupakan event pertama yang diikutinya. Karena itu ia mengaku sempat grogi sebelum tampil di atas panggung. “Sebelum naik panggung tadi sempat nervous, tapi saat sudah bertanding hilang nervousnya dan kembali biasa,” kata dia.

Setelah ajang ini berakhir, Kylie mengaku akan terus berlatih secara maksimal. Untuk event terdekat, dia belum tahu karena masih akan melihat kalender resmi.

“Nanti lihat dulu kejuaraan apa aja yang, yang pasti saya akan terus giat berlatih supaya kembali bisa bergabung di pelatnas lagi,” tandas Kylie.