JAKARTA, Indotimes.co.id – Sebanyak 388 pecatur dari 21 Pengda Percasi di Indonesia akan bersaing pada Turnamen Catur Cepat Japfa Christmas Cup 2022, 17-18 Desember, di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, mengatakan Turnamen Christmas Cup tahun ini merupakan yang ke-12 kalinya. Turnamen ini sebagai bagian upaya PB Percasi dengan dukungan PT JAPFA memperbanyak turnamen catur di Tanah Air.

“Turnamen Christmas Cup berangkat dari adanya Turnamen Ramadhan Cup. Kami sangat berterima kasih sekali kepada PT JAPFA yang telah mendukung kegiatan olahraga catur di Tanah Air selama 23 tahun,” kata Utut Adianto, disela-sela pembukaan turnamen ini, Sabtu (17/12).

Dalam kesempatan itu, Utut juga berharap pada tahun mendatang PT JAPFA memperbanyak turnamen catur klasik.

Hal ini, lanjut Utut perlu dilakukan, mengingat prestasi pecatur Indonesia tertinggal jauh dari Vietnam, India, dan pecahan negara Soviet, di catur klasik.

Utut juga percaya PT JAPFA komitmen mendukung PB Percasi, dalam mendukung pencapain prestasi olahraga catur Indonesia.

Karenanya Utut menilai dengan kepedulian PT JAPFA terhadap olahraga catur selama ini, sudah selayaknya pemerintah memberikan penghargaan.

Pada kesempatan yang sama Agus Mulyono dari PT JAPFA menyambut baik keinginan PB Percasi, dan siap mendukung PB Percasi untuk menggelar turnamen catur klasik di 2023.

“Kami belum tahu akan berapa kali menggelar turnamen tahun 2023. Yang pasti kami akan memenuhi keinginan PB Percasi untuk menggelar lebih banyak turnamen catur klasik,” ujar Agus .

Turnamen kali ini, lanjut Agus, merupakan turnamen tutup tahun. “PT JAPFA ingin menutup tahun dengan kemeriahan melalui Turnamen Catur Cepat Christmas Cup 2022.”

Sementara itu Wasekjen KONI Pusat M Otniel Mamahit dan Dr Dwijayanto Sarosa Putra, Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan PT JAPFA terhadap perkembangan olahraga catur di Tanah Air.