JAKARTA, Indotimes.co.id – Sebanyak 41 Tim dari 30 provinsi di tanah air tampil pada putaran final ‘Lomba Senam Kreasi Nusantara’ Tingkat Nasional di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11).

Lomba yang diikuti kelompok senam wanita ini memperebutkan Piala Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo.

Ketua Panitia Lomba, Nadiah Zainudin Amali, kepada media mengatakan, lomba ini digelar sejak Juni lalu, yaitu babak penyisihan yang diikuti oleh sekitar 270 tim telah dilakukan secara ketat.

“Seleksinya mereka sudah mempertandingkan di daerah masing-masing. Dari 270 Tim, hany 41 Tim yang berhak tampil di sini, (putaran final)” ujarnya.

Pihaknya berterimakasih atas dukungan penuh dari Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo, hingga acara ini terselenggara dengan baik.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada Ibu Negara yang hari ini tak bisa hadir namun mendukung penuh keberlangsungan acara ini,”ujar Nadiah Zainudin Amali.

Istri dari Menpora Zainudin Amali ini menjelaskan, menjekaskan tim yang nantinya tampil sebagai juara adalah tim yang memiliki teknik senam yang baik, keserasian gerak yang baik, serta kostum yang menarik. Nantinya mereka akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari beberapa orang dari Kemenpora, seperti Ibu Een Ermawati, Kepala Museum Olahraga, serta beberapa penggiat olahraga.

Ditambahkan, Lomba Senam Kreasi Nasional terselenggara atas kerjasama Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi), Oase, dan Kemenpora. “Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94.”

Nadiah berharap, kejuaraan yang sempat tertunda karena pandemi Covid 19, nantinya akan digelar secara rutin setiap tahunnya.

“Melalui Lomba ini, kita berharap para pesertanya menjadi bugar. Selain itu, lomba ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi agar persatuan bangsa Indonesia menjadi semakin kuat,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum Organisasi Aksi Solidariti Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) Tri Suswati Tito Karnavian, menilai, Lomba Nasional ini selain menyehatkan juga mendukung banyak hal, seperti mendukung kebudayaan setempat dan juga apa yang dikenakan adalah hasil dari UMKM dan kerajinan daerah masing-masing.

“Semoga acara ini bisa menginspirasi kita semua kaum perempuan di Indonesia, agar tetap semangat berolahraga. Mengingat pandemi kemarin membuktikan bahwa ketahanan kesehatan kita adalah yang utama melalui olahraga,” ujar Tri Suswati, istri Mendagri Tito Karnavian itu.

“Lomba ini adalah dukungan dari ibu negara karena beliau adalah pelindung utama Perwosi. Kegiatan ini telah terlaksana sejak 2019 lalu, namun karena pandemi, baru tahun ini dapat dilaksanakan kembali semoga lebih baik, bertanding dengan persaudaraan yang kuat dan saling mendukung,” tandas Tri Suswati Tito Karnavian , yang juga Ketua Umum PP Perwosi.

Turut hadir, Ketua Bidang III OASE KIM Ibu Lumongga Agus Gumiwang, Wakil Ketua Bidang III OASE KIM Maria Anna Plate, Ketua Umum Bhayangkari Julia Listyo Sigit Prabowo, Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi Suryati.