JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto menyampaikan kabar gembira bagi masyarakat wushu Indonesia langsung dari Stadion Tenis Indoor Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (7/12) malam.

Pada acara pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021 itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyampaikan keinginan PB WI untuk membangun pusat pelatihan wushu Indonesia jika Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan fasilitas. Apalagi, wushu DKI Jakarta punya kontribusi emas bagi Kontingen DKI Jakarta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Menurut Airlangga, pihaknya sudah mengecek adanya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang berada di Citra Gardeng Cengkareng, Jakarta Barat yang bisa dimanfaatkan untuk membangun gedung Pusat Pelatihan Wushu Indonesia.

“DKI Jakarta itu kan banyak punya fasos dan fasilitas umum (fasum). Di sini ada Raja Property, Pak Budiarsa dan kami sudah cek ada fasos dan fasum di Citra Garden Cengkareng, Jakarta Barat milik Pak Budiarsa yang bisa dimanfaatkan. Kalau fasos dan fasum itu diberikan Pak Iwan dan kawan-kawan akan diberikan bisa pelatnas terpusat,” katanya.

“Selama ini wushu itu seperti waktu saya dan pak Anies kuliah dengan di Yogya. Yaitu, indekosan. Sekarang sudah waktunya tidak indekos lagi tinggal diperintahkan saja apalagi wushu ada di Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Targetnya Olimpiade 2032, sekarang, atlet kita rata-rata di bawah 12 tahun sehingga Indonesia bisa dapat meraih emas di Olimpiade 2023,” tambahnya.

Permintaan Airlangga itu mendapat sambutan baik dari Anies Baswedan. Bahkan, Anies menyebut olahraga wushu semakin populer dan juga berkontribusi besar bagi Kontingen Jakarta di PON XX Papua 2021.

“Wushu cukup berkontribusi besar bagi Jakarta. Bagian kami nanti membayar balik Jakarta kontribusi buat wushu. Tadi, sudah disampaikan dibutuhkan tempat. Insya Allah, kita senang sekali Jakarta sebagai tempat pelatihan wushu Indonesia,” kata Anies yang mengaku pernah kos di Yogya seperti yang disebutkan Airlangga Hartarto.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yang membuka secara resmi Indonesia Wushu All Games 2021 mengaku sangat gembira. Apalagi, Menpora Amali mendengar adanya keinginan Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto cmembangun Trainning Canp (TC) Wushu dan mendapat dukungan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Malam ini saya benar-benar bahagia. Tadinya, kami memikirkan tempat untuk TC buat cabor yang masuk DBON. Kenapa saya berterima kasih? Karena, tadi pak ketua umum menyampaikan keinginan membangun TC sendiri. Dan, keinginan ketum itu mendapat sambutan. Terima kasih pak ketum dan juga terimakasih pak Gubernur DKI jakarta. Luar biasa kehadiran saya malam ini tidak sia-sia. Beban saya menjadi lebih ringan,” ungkap Zainudin Amali.

Di acara pembukaan ini, Arlangga Hartarto juga mengucapkan prihatin atas bencana di erupsi Gunung Sumeru dan menyampaikan akan memberikan bantuan Rp500 juta kepada korban bencana melalui Yellow Clinic. “Saat ini kita sudah mengirim 4 dokter dan tim, berada di Gunung Sumeru,” ujarnya.

Indonesia Wushu All Games 2021 yang mempertandingkan taolu, sanda dan kungfu tradisional akan berlangsung mulai 8-11 Desember 2021.aa