JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Wushu Indonesia (PB WI) periode 2017-2021, Airlangga Hartarto mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pengprov WI se-Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk kembali memimpin PB WI periode 2022-2026 dalam Musyawarah Nasipnal (Munas) VII Wushu Indonesia di JR Luwansa Jakarta, Jumat (28/1). 

Dalam Munas dengan tema “Terus Melanjutkan Tradisi Medali” yang dibuka Menteri dan Olahraga (Menpora), tersebut Airlangga Hartarto terpilih secara aklamasi. 

“Saya berterimakasih telah mendapat kepercayaan kembali memimpin PB WI pwriode 2022-2026. Saya juga siap dan ikhlas menjalankan amanat Munas VII Wushu Indonesia. Tahun 2022 ini saja ada 20 agenda yang harus dijalanlan PB WI,” kata Airlangga Hartarto yang ditemui usai Munas VII Wushu Indonesia.  

Ketika ditanyakan mengenai target medali pada SEA Games Hanoi, VIetnam 2022 dan Hangzhou, China 2022, Airlangga mengatakan pihaknya berusaha menyamakan hasilnya.

Pada SEA Games Filipina 2019, Tim Wushu Indonesia merebut 2 emas (Edgar Xavier Marvelo dan trio Edgar Xavier, Haris Oratius dan Seraf Naro Siregar) sedangkan Asian Games Jakarta 2018 merebut satu medali emas melalui Lindswell Kwok.

Lebih jauh Arilangga yang menjabat Komite Eksekutif Federasi Wushu Internasional (IWUF) optimistis wushu bakal dipertandingkan pada Olimpiade 2032. Pasalnya, wushu sudah berkembang di 157 negara.

“Wushu itu sudah berkembang di 157 negara. Dan, saya sebagai Anggota Komite Eksekutif IWUF akan berususaha untuk mendorong wushu agar dipertandingkan di Olimpiade 2032,” ungkapnya.
 
Untuk meningkatkan wushu Indonesia, Airlangga mengajak peran serta pengurus Pengprov WI se-Indonesia meningkatkan kualitas atlet, pelatih dan wasit.

“Peran Pengprov WI sangat penting dalam meningkatkan kualitas atlet dan pelatih yang ada di sasana-sasana. Begitu juga dengan wasit yang berkualitas,” imbuhnya.

Pada acara Munas VII WI yang berlangsung selama 2 hari tersebut, Airlangga Hartarto juga memberikan kepada pelaku olahraga wushu (mantan Ketua Umum PB WI) dan pemberian ID Card Keanggotaan Atlet serta peluncuran Buku DR (HC) Ir Airlangga Hartarto, MBA, MMT dengan judul “Pemimpin Humanis & Manajemen Olahraga”.

Dalam menyusun kepengurusan PB WI periode 2022-2026, Airlangga Hartarto akan didampingi Ngatino (Sekjen PB WI demisioner) dan Tjokro Gunawan (Ketua Pengprov WI ).