JAKARTA, Indotimes.co.id – Kejuaraan lari halang rintang (obstacle race), terkenal.di dunia ‘Spartan Race’ akan berlangsung di Jakarta pada 25 Mei 2024, tepatnya di kawasan Ancol Dream, di Jakarta Utara.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo dalan.keterangan persnya di kantor Kenenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5) seusai menerima CEO Spartan, Michael Goodwin.

Menpora mengatakan pihaknya turut mendukung kejuaraan ini. Apalagi cabang olahraga ini juga sudah dipertandingkan di SEA Games dan tahun 2028, dan rencananya juga akan resmi dipertandingkan di Olimpiade.

“Yang pasti pemerintah hadir di kegiatan ini karena seperti yang saya sampaikan obstacle race ini akan menjadi cabor yang lebih mendunia karena sudah ada di SEA Games dan di 2028 sudah dipertandingkan di Olimpiade,” kata Menpora.

Menpora berharap, dengan ajang ini Indonesia aksan melahirkan para atlet cabor halang rintang terbaik Indonesia .
“Kami ingin Indonesia memiliki atlet-atlet yang dipersiapkan dari jauh-jauh hari,” imbuhnya.

Untuk itu, Menpora juga berharap para atlet obstacle race Indonesia benar-benar dipersiapkan yang nantinya bisa lolos kualifikasi Olimpiade 2028.

“Ya pastinya dari SEA Games sebelumnya kami sudah siapkan timnas obstacle race untuk tampil di SEA Games dan ini 2028 sudah diputuskan kan dipertandingkan di Olimpiade. Jadi ini pasti kami siapkan bagaimana indonesia punya timnas obstacle run dan insya allah bisa lolos ke Olimpiade 2028,” tambah Menpora pula.

Bukan itu saja, lanjut Menpora adanya ajang Spartan Race’ ini jadi trigger atau pemicu euforia dari obstacle run di Indonesia “Saya yakin karena atlet-atlet indonesia bisa melakukan cabor halang rintang, tinggal bagaimana memenej persiapan dengan baik,”tandasnya.

Sementara itu, CEO Spartan, Michael Goodwin, menyatakan bahwa kini obstacle race lebih diminati ketimbang marathon. Olahraga ini berbeda, lantaran ada halang rintangannya.

“Kenapa olahraga ini sekarang lebih populer daripada marathon, karena ini ada tantangannya (halang rintang),” kata Michael Goodwin.

Menurutnya obstacle race adalah
olahraga teraman, siapapun bisa mengikutinya, apapun kondisinya. Karena mereka bisa menyesuaikan dengan kondisi (tubuh) mereka masing-masing.

Ajang Spartan. Race di Ancol Jakarta akan diikuti sekitar 3 ribu peserta baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Pada lomba ini para peserta akan berjuang menghadapi tantangan rute di kawasan Ancol, yaitu Mitra Venue, Ancol Dream, Taman Rekreasi terpadu terbesar yang terletak di Jakarta Utara.