JAKARTA, Indotimes.co.id  – Arena Cabang Olahraga (Cabor) sepatu roda Pekan Olah raga Nasional (PON) XX Papua 2021  dipastikan siap untuk dipergunakan. Persiapan venue  dan peralatan  pertandingan yang berlokasi di Kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura, tuntas dalam persiapan, dan siap untuk dipergunakan saat lomba berlangsung pada   27 September hingga 5 Oktober 2021 mendatang.

Seluruh atlet sepatu roda berbagai daerah pun sudah mengirimkan nama atlet mereka dan menyatakan siap memeriahkan perhelatan empat tahunan itu. Dengan tuntasnya seluruh persiapan arena cabor sepatu roda PON XX Papua, maka seluruh peserta sudah bisa berlaga  di arena yang memiliki fasilitas lengkap dan berstandar internasional itu.

Bahkan, yang paling anyar, arena tersebut  telah diujicobakan oleh para atlet sepatu roda Papua. Mereka  telah lebih dulu beruji coba di arena lomba, sekaligus menguji kesiapan perangkat pertandingan, yang berlokasi di Kawasan Waena itu, pada paruh pekan ini.

Baca juga :  PB PBVSI Kembali Gulirkan PGN Livoli 2018

Jeffry Abel sebagai Technical Delegate (TD) Sepatu Roda PON XX Papua juga hadir langsung pada uji coba itu. Hadir juga bersama Jeffry, perwakilan dari Bidang Peralatan PB PON, Pengurus Perserosi Papua dan PT Pesky Rekayasa Mediatama selaku penyedia barang dan jasa.

Atlet sepatu roda Papua tentu saja senang karena bisa lebih awal melakukan uji coba untuk seluruh perangkat pertandingan dan keseluruhan arena. Ini tentu saja dilakukan agar para atlet bisa menentukan layak atau tidaknya gelaran sepatu roda di arena itu.

Jeffry memuji sigapnya panitia. Pasalnya, ia melihat fasilitas perangkat pertandingan yang disiapkan PB PON Papua sudah sangat paten dan pantas untuk digunakan.

“Dari keseluruhan hasil uji coba dan saya bertanya langsung kepada para atlet, hasilnya, arena dan peralatan pertandingan yang disiapkan PB PON sudah yang terbaik, dan spesifikasinya itu sesuai dengan yang kami sarankan,” kata Jeffry, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga :  Dikontrak 4 Tahun, Shin Tae-yong Fokus Tangani Timnas Senior dan U-20

Jeffry juga menjelaskan kalau perlengkapan pertandingan sepatu roda didatangkan langsung dari Amerika Serikat dan Belanda. Jadi, memang tak perlu diragukan lagi karena sesuai dengan standart internasional.

“Kami melihat dari sisi peralatan dan catatan waktu bahkan penilaian untuk semua berjalan dengan baik. Sepanjang uji coba,  tak ada perlengkapan yang bermasalah. Uji coba lancar dan kami puas dengan hasilnya,” tandas Jeffry.

Perlengkapan cabang olahraga sepatu roda yang didatangkan dari Amerika adalah Electronick Lap Counter (Merk LYNX), 9-digit alphanumeric LED Display dan Running Time Clock (Merk LYNX), Electronick Starting Gun (Merk LYNX).

Sementara perlengkapan tanding yang didatangkan dari Belanda adalah ProChip Time (Merk Mylaps), Ankle/Wristh Band (Merk Mylaps), Set ProChip Detection end box (9m/12m loopwire), Conection Box With Coax (20m/50m), ProChip Decoder Portble Cabling, Orbits Sofware, Orbits Multiloop, Orbits Announcer Page dan Mylaps Consule Control.

Baca juga :  Tekuk PSS Sleman, Persib Buka Jalan ke Final

Cabor sepatu roda PON XX Papua, mulai bertanding pada Senin (27/9) dan kontingen Papua yang terdiri dari 12 atlet memasang target empat medali emas karena diperkuat pemain yang berlabel timnas.