Aries Sumbang Emas ke-8 Indonesia dari Panjat Tebing Asian Games

PALEMBANG, Indotimes.co.id – Pemanjat tebing putri Indonesia Aries Susanti Rahayu menyumbang medali emas pada cabang olahraga panjat tebing nomor speed putri Asian Games XVIII/2018 di Palembang, Kamis (23/8).

Pada laga all Indonesian final di kategori individu speed putri, Aries Susanti Rahayu mengalahkan Puji dengan catatan waktu 7,61 detik. Sementara Puji Lestari yang mencatatkan waktu 7,98 detik berhak mendapatkan medali perak.

Aries Susanti Rahayu membukukan waktu 8,19 untuk mengalahkan Narada Disyabut dari Thailand pada babak 16 besar. Langkah Aries di babak 16 besar disusul Puji Lestari yang mencatatkan waktu 8,88 ketika menghadapi Amalina Syairah asal Malaysia.

Pada babak delapan besar Aries memanjat dinding dengan catatan waktu 8,09 dan memastikan tiket ke semifinal. Puji Lestari yang menghadapi Lee Hungying di babak perempat final tidak perlu berupaya keras untuk memastikan tiket ke babak semifinal lantaran lawannya didiskualifikasi karena mencuri start.

Baca juga :  Menpora Tegaskan Turnamen Piala Menpora Dukung Program Timnas SEA Games Indonesia

Semifinal putri mempertemukan duel antara Indonesia dan China karena Aries bertemu dengan Song Yiling dan Puji bersaing dengan He Cuilan.

Aries yang kalah start berhasil menyusul di bagian terakhir dan mencatatkan waktu 7,64 detik sekaligus memastikan tiket ke partai puncak. Final mempertemukan sesama atlet Indonesia setelah Puji membukukan waktu 7,84 untuk melangkah ke final

Sukses Aries dan Puji di kelompok putri, gagal diikuti dua pemanjat tebing putra, Aspar Jaelolo dan Sabri di nomor speed putra.
Aspar harus puas meraih perunggu, setelah disemifinal dikalahkan pemanjat China, Zhong Qixin.Aspar meraih waktu 5,65 detik, selisih satu detik dari Zhong yang mencatat waktyu 5,64 detik. Nasib serupa dialami Sabri, yang pada babak semifinal di kalah dari pemanjat Iran, Reza Alipour.

Aspar akhirnya meraih perunggu, setelah dinyatakan menang atas Sabri pada perebutan tempat ketiga. Sabri didiskualifikasi, karea dianggap mencuri star.