Asia Zone 3.3 Championships 2023: Irene Gagal Raih Poin Penuh, Susanto Bermain Remis

JAKARTA, Indotimes.co.id – Dua pecatur andalan Indonesia IM Irene Kharisma Sukandar (2390) dan GM Susanto Megaranto (2523) mulai menghadapi tantangan pada hari ketiga pertandingan atau babak ketiga dan keempat Asia Zone 3.3 Championships 2023, di Century Hotel Senayan, Jakarta Senin (8/5).

Irene yang tampil di kelompok putri, harus mengakui keunggulan pecatur unggulan utama asal Mongolia, IM Batkhuyag Munguntuul (2408). Hasil ini Irene tertahan dalam perolehan poin sementara dengan 2 ½ poin.

Sebelumnya di babak ketiga di hari yang sama, Irene gagal meraih poin penuh, saat bermain remis dengan pecatur Vietnam, WGM Vo Thi Kim Phung (2351). Irene masih membuka asah meraih poin penuh, pada babak kelima, Selasa (9/5), diaman dia akan mengahdapi pecatur Vietnam lainnya, WGM Nguyen Thi Mai Hung (2193).

Dengan torehan 2 ½ poin, Irene untuk sementara berada diposisi keempat klasemen sementara perolehan poin kelompok putri, dibawah Munguntuul Batkhuyag (Mongolia) dengan 3 ½ poin, WGM Vo Thi Kim Phung (Vietnam) 3 poin dan WGM Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam) 3 poin.

Pada pertandingan di kelompok putra, GM Susanto juga tertahan dalam raihan poin penuh, dimana dia harus bermain remis dengan kompatriotnya IM Jodi Setyaki Azarya (2414) di babak keempat. Sebelum di babak ketiga, Susanto juga bermain remis saat menghadapi pecatur Vietnam, GM Le Tuan Minh (2542).

Dari hasil tersebut, GM Susanto yang baru mengumpulkan 3 poin, berada di peringkat ketiga klaseman sementara perolehan poin, dibawah pecatur Vietnam, Le Tuan Minh (2542) dan pecatur Mongolia GM Bilguun Sumiya yang sama-sama mengemas 3 ½ poin.

“Laga pada babak pertama pecatur kita sebagian besar memetik hasil sesuai harapan. Tapi pertandingan masih panjang sampai sembilan babak, kita akan lihat konsistensi mereka,” kata Ketua Umum GM Utut Adianto memberikan komentari hasil pertandingan babak ketiga dan keempat.

“Saya berharap konsistensi itu dapat diperlihatkan karena ajang ini ibarat tentara berpangkat kolonel yang akan naik pangkat menjadi jenderal,” tambah GM Utut Adianto.

Selain GM Susanto, pecatur putra Merah Putih lainnya GM Novendra Priasmoro (2504) juga sementara mengoleksi 2,5 poin. Di babak keempat GM Novendra harus menyerah kalah dari GM Le Tuan Minh (2542/Vietnam). GM Le Tuan di pagi harinya pada babak ketiga harus bermain remis melawan GM Susanto.

Pecatur muda tuan rumah IM Ervan Muhammad (2404) gagal membuat kejutan ketika harus menghadapi unggulan utama GM Tin Jingyao (2576/Singapura). Kemenangan ini menjadikan Jongyao mengumpulkan 2 poin terus membayangi GM Susanto dan GM Novendra di pimpinan klasemen sementara.

Ajang Asia Zone 3.3 Championhips 20223 akan melanjutkan laga babak kelima pada Selasa (9/5) GM Susanto akan jumpa GM Novendra, sedangkan IM Jodi Setyaki menantang unggulan teratas GM Jingyao. Partai seru akan terjadi dengan dua pimpinan sementara yang sama-sama mengoleksi 3,5 poin, yakni GM Bilguun Sumiya (2474/Mongolia) melawan GM Le Tuan Minh (2542/Vietnam).