Bangga Merah Putih Mendunia Sukses Gelar BARATI Cup Bali 2024, Akademi Persib Cimahi Pertahankan Gelar Juara U-12

BALI, Inditimes.co.id – BARATI Cup Bali 2024 sukses digelar pada tanggal 2-5 Maret di Bali United Training Ground, Kabupaten Gianyar, Bali.

Turnamen yang diikuti oleh 2300 peserta dari 120 tim mewakili 14 provinsi serta 1 negara ASEAN.

Akademi Persib Cimahi, Jawa Barat
berhasil mempertahankan gelar pada katagori U-12. Gelar juara juga diraih tim Baturetno dari Yogyakarta di kategori U-13, serta tim Young Warrior dari Banten menjadi juara di katagori
U-14.

Ketiga tim usia muda ini sukses menjadi juara setelah pada laga final yang berlangsung hari Minggu (5/3),sukses mengalahkan lawan-lawannya.

Sengitnya persaingan terlihat sejak babak knock out 16 besar, dimana banyak pertandingan yang harus diselesaikan dengan adu penalti.

Seperti gelar juara Kelompok Umur (KU) 14 Tahun dimenangkan secara susah payah
oleh Young Warrior dari Banten melalui sudden death adu penalti melawan tim “Mutiara Hitam” PapuaFA.

Sementara itu, Baturetno dari DI Yogyakarta berhasil merebut gelar juara KU 13 Tahun, setelah mengalahkan tuan rumah Bali United FA dengan skor 5-1.

Performa impresif juga ditunjukkan oleh Akademi Persib Cimahi, Jawa Barat di KU 12 Tahun, yang berhasil mempertahankan gelar juara,setelah mengalahkan tim tuan rumah Bali United FA dengan skor 6-2.

CEO Program BARATI (Bangga Merah Putih) Mendunia, Krisna Wisnu Marsis mengamini ketatnya persaingan di tahun kedua ini.

“Setengah dari babak knock out di usia 14 tahun harus diselesaikan dengan
adu penalti. Ini menunjukkan kekuatan dan kualitas yang hampir merata di tim-tim yang bertanding”, ungkap Krisna.

Dalam prosesi closing ceremony yang diselenggarakan di BU Training Ground, turut hadir representatif dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yaitu Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera. Juga hadir Tenaga Ahli Menteri, Hamdan Hamedan dan Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Aris Subiyono.

“Mudah-mudahan kita harapkan turnamen ini akan teru dilaksanakan setiap tahunnya, karena tentunya pelaksanaan kegiatan BARATI Cup ini adalah salah satu implementasi dari INPRES Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional,” ucap Dwijayanto dalam sambutannya.

Direktur Teknis BARATI Mendunia, Coach Indra Sjafri akan memimpin tim Talent
Scouting untuk menseleksi sebanyak 52 pemain untuk bergabung ke dalam skuad BARATI 2024 dan akan menjalani persiapan selama 10 hari di Jakarta sebelum berlaga di Swedia.

“Tim talent scout telah bekerja keras selama 4 hari turnamen untuk menseleksi 52 dari 2300 pemain. Tentunya tidak mudah namun dengan dibantu penggunaan performance monitoring tools,seperti Catapult dan Spiideo mudah-mudahan kami dapat memilih pemain yang terbaik untuk ke Swedia nanti,”ungkap Indra Sjafri.

BARATI Mendunia adalah program inkubator bakat sepakbola yang didasarkan pada semangat nasionalisme, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang profesional, menyenangkan, dan aman
bagi pengembangan bakat sepakbola usia dini.

Ini adalah tahun kedua BARATI Mendunia
menyelenggarakan turnamen BARATI Cup di Bali dan saat peluncuran program Desember dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pada Desember 2023 lalu.

Berikut ini hasil akhir BARATI Cup Bali 2024:

Katagori U-12
Juara 1: Akademi Persib Cimahi (Jawa Barat)
Juara 2: Bali United FA (Bali)
Juara 3: ASIOP (DKI Jakarta)
Juara 4: Castindo FA (Jawa Timur)

Katagori U-13
Juara 1: Baturetno (DI Yogyakarta)
Juara 2: Bali United FA (Bali)
Juara 3: CS Private Soccer (DKI Jakarta)
Juara 4: Diklat Gama FA (Jawa Timur)

Katagori U-14
Juara 1: Young Warrior (Banten)
Juara 2: Papua FA (Papua)
Juara 3: Colombo (Jawa Timur)
Juara 4: Satria Cipta (Banten).