JAKARTA, Indotimes.co.id – Persija Jakarta berhasil membekuk Persebaya Surabaya 1-0 (1-0), pada laga pekan kelima Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (30/7) malam. Gol tunggal kemenangan ‘Macan Kemayoran’ dihasilkan Ryo Matsumura pada menit ke-39.

Tampil dengan misi meraih angka penuh Persija yang didukung puluhan ribu supporter setianya Jakmania, tampil menyerang sejak menit awal. Meski tanpa striker andalannya Marco Simic, anak asuh Thomas Doll berupaya menampilkan permainan terbaiknya.

Namun demikian tim tamu ’Bajul Ijo’ Persebaya juga tak mau kalah, mereka juga menerapkan permaiann cepat, mengandalkan serangan balik melalui umpan panjang ke jantung Persija.

Memasuki menit ke-29, malapetaka bagi Persebaya terjadi, menyusul dikartu-merahkannya Arief Catur, menyusul pelanggaran yang dilakukanya terhadap Witan Sulaeman. Arief yang merupakan orang terakhir di pertahanan Persebaya, dengan sengaja menjatuhkan Witan Sulaeman, yang hampir saja melewatinya dan tinggal berhadapan dengan kiper Persebaya Andhika Ramadhani.

Persija mampu memanfaatkan unggul jumlah pemain, dan semakin leluasa menguasai pertahanan Persebaya . Hasilnya Ryo Matsumura membuka kebuntuan, dengan mencetak gol pada menit ke-39. Gol ini bermula dari bola umpan backheel Witan, yang mampu diteruskan Ryo Matsumura dengan tendangan plecing. Skor 1-0 untuk Persija bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persija masih menguasai jalannya laga. Beberapa kali, Ryo Matsumura, Riko Simanjuntak, dan Witan Sulaeman membongkar pertahanan Persebaya. Namun berkat ketatnya barisan pertahanan Persebaya, tim Ibukota ini belum mampu menambah gol atas tamunya itu.

Ryo Matsumura hampir mencetak gol kedua, andai sepakan plecing kaki kanannya tak membentur tiang gawang Persebaya. Namun hingga pertandingan berakhir skor 1-0 untuk keunggulan Persija tetap tidak berubah.

Hasil ini menempatkan Persija di urutan kelima klasemen sementara dengan 8 poin dari 5 laga. Sedangkan Persebaya berada di tempat ke-13 dengan 5 poin dari 5 laga.

Pada laga Liga 1 lainnya, Madura United tampil trengginas setelah unggul 2-1 atas tuan rumah Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (30/7) malam. Dua gol kemenangan Madura United dicetak lewat gol bunuh diri Frendi Saputra (49′) dan Junior Brandao (83′). Satu gol Laskar Antasari dicetak Renan Alves (87′).

Sebelumnya di hari yang sama, Minggu (30/7) petang, dua pertandingan yang digelar berakhir imbang. Tuan rumah RANS Nusantara FC harus puas bermain imbang tanpa gol, saat menjamu PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY.
Sedang laga lainnya, tuan rumah Persis Solo harus berbagi angka 1-1 saat menjamu Arema FC di Stadion Sriwedari, Solo. Persis sempat tertinggal lebih dahulu dari Arema FC lewat gol Gustavo Almeida menit ke-19. Tuan rumah akhirnya mampu menyamkan kedudukan melalui gol Alexis Messidoro menit ke-72.