JAKARTA,Indotimes.co. id – Tanpa terasa, Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 telah berakhir sejak dimulai pada Senin (5/12) di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten.

Sukses pelaksanaan kejuaraan level dunia tak lepas dari besarnya animo masyarakat yang turut menyaksikan pertandingan setiap harinya.

Di bawah komando Gunawan Tjokro selaku Direktur Eksekutif, ajang yang melibatkan 60 negara dan dua region (Hong Kong dan Macau) ini berjalan lancar dan sukses. 

Para atlet dan ofisial yang hadir juga merasa cukup puas, tidak ada komplain berarti. Mereka juga sangat menikmati event yang diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat merekatkan persaudaraan antar bangsa ini.

Selain itu, para penonton yang hadir juga dimanjakan dengan hiburan yang ada. Mereka tak hanya menyaksikan para atlet yang sedang bertanding, baik di kategori sanda maupun taolu, namun juga mendapatkan hadiah hiburan atau doorprize seusai acara berakhir setiap harinya.
Hadiah yang disediakan panitia dan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto, antara lain mobil, motor hingga handphone. Jadi, penonton yang hadir di acara mendapatkan gelang dan nomor undian. Gelang itu tak boleh lepas karena nomor undian tertera di situ. Jumlahnya sekitar 1.000 nomor undian yang disediakan tiap hari.

Pengundian doorprize berlangsung petang saat jadwal pertandingan sudah berakhir dan upacara pengalungan medali telah selesai.

Menariknya, kontingen dari luar negeri juga mendapatkan kesempatan menunggu doorprize. Ada yang berasal dari India yang beruntung membawa hadiah utama, adapula pendukung dan kerabat atlet Indonesia yang beruntung.

Kebahagian para penonton menyaksikan Kejuaraan Dunia Wushu Junior edisi kali ini tak lepas dari banyaknya hiburan dan hadiah menarik. Event ini juga mampu mendatangkan banyak penonton dan bahkan pengemudi ojek online yang beroperasi di Tanjuk Priok, Jakarta pun sampai tahu ada kejuaraan dunia.

Ini semua tak lepas dari kinerja tim media panitia yang mendapatkan support dari insan pers dalam memberitakan event. 
Pada saat kejuaraan berlangsung, puluhan media juga mendukung untuk menyebarluaskan pemberitaan, mulai dari siapa atlet peraih medali, dari mana berasal dan perolehan medali dalam daftar klasemen sementara.

“Peran media sangat dibutuhkan dalam mensukseskan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. Terimakasih kepada seluruh media elektronik, cetak maupun online yang telah memberitakan tentang pelaksanaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-VIII. Begitu juga dengan pelatnas wushu junior Indonesia yang sudah mulai digelar sejak 24 Oktober lalu,” kata Direktur Media Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Ilham Permana.

Untuk lebih menyemarakkan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, pihaknya telah menggandeng TVRI sebagai media partner. Tidak hanya itu panitia juga mempromosikan kegiatan atlet hingga pelaksanaan event melalu media sosial.

“TVRI sebagai media partner yang bertugas memproduksi termasuk bekerja sama dengan televisi luar negeri. Jadi, masyarakat olahraga khususnya pecinta olahraga wushu Tanah Air bisa melihat penampilan atlet junior Merah Putih dan atlet dari negara-negara lain baik lewat siaran langsung maupun livestreming. Dan, kita juga menampilkan rekaman-rekaman video atlet dan komentar atlet atas keberhasilannya meraih prestasi melalu media-media sosial,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Ilham, panitia juga memasang delapan billboard besar di Jakarta dan juga sekitar 40 videotron di sekitar Tangerang.

“Ketika mendekati hari H maka di sepanjang jalan ke venue juga dipasang umbul-umbul dalam jumlah yang banyak,” tandasnya.