BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri III: Rifqi Fitriadi Lolos ke Perempat Final

JAKARTA, Indotimes. co. id – Setelah bertarung melalui laga yang melelahkan selama 3 set, petenis Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi secara mengejutkan berhasil menumbangkan unggulan kedua sekaligus juara seri sebelumnya Leo Borg 6-7 [10] 7-6 [3] 6-1 untuk lolos ke perempatfinal Turnamen BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri III.

Tampil sebagai petenis non unggulan serta secara peringkat jauh dibawah lawannya, Rifqi justru mampu bermain tanpa beban bahkan dapat mengatasi berbagai tekanan dari lawannya.

Mengawali laga dengan sangat meyakinkan Rifqi yang memiliki sapaan akrab Tole ini, sempat memimpin dalam perolehan poin 3-0 dan 5-3 terlebih dahulu di set pertama. Namun Leo yang merupakan putra petenis legendaris Bjorn Borg, berhasil menyamakan kedudukan bahkan memenangi set ini dengan 7-6 tiebreak 10.

Memasuki set kedua, permainan pemain tuan rumah terus membuat tegang penonton, dimana dalam setiap poinnya selalu tertinggal oleh Borg hingga game ke 11. Momentum Rifqi mulai meningkat saat berhasil mamaksa Borg kembali bermain tie break dan membalas kekalahannya dengan skor 7-6 tiebreak 3, membuat laga harus diselesaikan dengan rubber set.

Memasuki set pamungkas, motivasi petenis kelahiran Banjarmasin ini kian terus meningkat dan sebaliknya performa Leo justru terpuruk mentanya akibat gagal memenangi set keduanya. Alhasil petenis Indonesia yang menggawangi jajaran tim SEA Games Kamboja ini terus menekan untuk mendominasi laga dan menutupnya dengan kemenangan mudah 6-1.

Namun langkah Muhamad Rifqi Fitriadi melaju ke perempat final, gagal di ikuti seniornya Christhoper Rungkat yang bertanding menghadapi Yanki Erel. Tampil dengan penuh dedikasi seperti kemarin, menghadapi wakil Turki yang merupakan unggulan kedua, dengan daya juang tinggi di set pertama Christo yang juga bermain rangkap di sektor ganda bersama Nathan Barki, harus takluk 4-6.

Tanpa kenal putus asa, kekalahan tersebut sempat direspons pemain berusia 33 tahun ini dengan lebih meningkatkan intensitas serangannya yang membuatnya unggul 5-4 diset kedua. Namun Erel yang berperingkat 461 dunia ini mampu mengantisipasi untuk menyamakan kedudukan 5 sama, bahkan merebut 2 game tersisa dan menutup laga dengan skor akhir 7-5.

Sementara itu di kategori ganda laga tunda tuan rumah Indonesia gagal menempatkan satu wakilnya ke babak semifinal. Christhoper rungkat dan Nathan Barki yang turun menghadapi unggulan kedua Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro, gagal menanggulangi unggulan kedua tersebut dan menyerah dengan straight set.

Laga set pertama yang dilakoni kedua pasangan ini sebenarnya cukup berimbang dimana hingga game ke 12 terjadi skor sama kuat 6-6.

Namun ganda philipina dan Thailand ini tampil lebih prima untuk memenangi set pertama dengan keunggulan 7-6 tiebreak 3. Dominasi Alcantara dan Isaro terus dipertahankannya di set kedua, yang mengantarkannya sukses menutup laga dengan skor akhir 6-3.

Selanjutnya dibabak semifinal besok Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro akan bertemu Ray Ho/Somani Parikshit usai menghentikan perlawanan Naoki Tajima/Jake Delaney dengan rubber set.

Sementara pada laga 4 besar ganda putra lainnya akan saling berhadapan antara unggulan pertama pasangan Australia Brandon Walkin/Matthew Romios menghadapi Kelsey Stevenson dan Blake Bayldon.