Brigjen Pol Dr. Awal Chairuddin Resmi Dilantik jadi Ketum PP.Pesti

JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman secara resmi melantik dan mengukuhkan
Brigjen Pol Dr. M. Awal Chairuddin, S.I.K., M.H dan jajarannya, sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Soft Tennis Indonesia (PP.Pesti)
masa bakti 2023-2028, di kantor KONI Pusat Senayan Jakarta, Jumat (23/2) .

Dalam sambutanya Ketum KONI Pusat mengapresiasi atas prestasi soft tennis
yang membanggakan di kancah dunia. “Saya selaku Ketua Umum KONI Pusat memberikan apresiasi kepada PP.Pesti yang sebelumnya telah melakukan kerja keras dalam membina Soft Tennis ini dan hasilnya memuaskan pada SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2023 Hangzhou,” ujar Marciano.

Pada keikutsertaan SEA Games 2023 Kamboja, kontingen Soft Tennis Indonesia meraih 2 medali emas, 2 medali perak, dan 1 perunggu. Beberapa bulan kemudian pada Asian Games 2023 Hangzhou, Soft Tennis mendapatkan 2 medali perunggu.

Meski begitu, Ketum KONI Pusat melihat bahwa jika pecintanya lebih banyak maka potensi prestasi Soft Tennis akan lebih baik lagi. Sosialisasi cabang olahraga Soft Tennis dipandang penting karena banyak yang belum memahaminya. Kondisi tersebut diakui oleh Awal Chairuddin.

“Soft Tennis ini masih belum dipahami masyarakat, banyak yang mengira kalau ini Tenis biasa atau Squash. Perbedaannya, ada pada bola dan raket yang digunakan,” katanya.

Alhasil KONI Pusat berharap sosialisasi mendapatkan perhatian besar. “Dari prestasi yang dicapai, maka ini menjadi tugas PP.Pesti untuk mensosialisasikan Soft Tennis dan saya rasa besar peluang untuk multievent internasional berikutnya untuk Soft Tennis ini menunjukkan bahwa hasil pembinaannya lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya.” tegas Marciano.

“Mensosialisasikan olahraga ini kepada masyarakat, perguruan tinggi, TNI dan Polri, kelembagaan seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Roadshow ke sekolah serta bekerja sama dengan dinas pendidikan,” tambahnya.

“Saya berharap 17 pengurus provinsi saat ini akan berkembang nantinya, tidak hanya banyak Pengprovnya saja tapi dapat ditata kembali pola sasaran pembinaannya, baik dari sekolah hingga perguruan tinggi yang memiliki fakultas olahraga.” sambungnya pula.

Terkait keikutsertaannya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara, Ketum KONI Pusat itu berharap pertandingan dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan atlet-atlet dapat dipersiapkan secara optimal oleh Pengprov yang dipantau PP.Pesti. Secara khusus, Ketum KONI Pusat berharap fokus pada pembinaan atlet-atlet muda. Targetnya, juara PON akan menjadi juara pada SEA Games yang akan datang di Thailand tahun 2025.

Kepengurusan PP.Pesti yang baru dilantik sadar betul terkait target prestasi. “Prestasi yang sudah diberikan oleh Soft Tennis sebelumnya menjadi tantangan kami untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan,” ujar Ketum PP.Pesti yang sejak kecil sudah akrab dengan olahraga Tenis.