Buka Festival Pemuda Indonesia 2023, Menpora Berarap Jadi Ajang Silaturahmi dan Persatukan Pemuda Indonesia

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menghadiri sekaligus membuka kegiatan Festival Pemuda Indonesia 2023 di halaman Kantor Kemenpora, Senayan Jakarta, Selasa (10/10) sore.

“Selamat datang dan terima kasih telah datang di kegiatan Kemenpora tahun ini,” ujar Menpora menyambut kehadiran OKP yang mengikuti Festival Pemuda Indonesia.

Dalam sambutannya Menpora mengatakan
Kemenpora ini adalah rumah bagi semua para pemuda, yaitu rumah kalian juga.

Menurut Menpora, penyelenggaraan Festival Pemuda Indonesia dalam rangka Kemenpora ingin kembali mempersatukan dan juga membangun tali silaturahmi antara anak-anak muda yang tergabung di organisasi kepemudaan.

Karenanya jumlah OKP peserta Festival Pemuda Indonesia yang mencapai 45 pada pembukaan ini masih bisa bertambah apabila ada OKP lain yang ingin bergabung.

“Bagi OKP yang merasa undangannya belum sampai, ataupun sudah sampai tetapi telat daftar, pendaftarannya tetap dibuka sampai kegiatan Festival Pemuda Indonesia selesai di 15 Oktober,” lanjut Menpora.

Dalam kegiatan ini serangkaian olahraga prestasi dan olahraga rekreasi dipertandingkan yang diikuti OKP peserta.

Menpora menambahkan dirinya memang sengaja ingin menyinergikan olahraga dengan kepemudaan. Karena selama ini diketahui kolaborasi OKP dengan Kemenpora hanya berurusan pada Deputi Kepemudaan. Padahal sebenarnya anak muda sangat terkait dengan olahraga.

“Sebaliknya, atlet-atlet kita juga banyak anak muda, mayoritas. Sebenarnya anak-anak muda kita juga bisa menggunakan program kepemudaan. Inilah yang kami harapkan di Festival Pemuda Indonesia, adanya sinergitas dan juga kolaborasi dari kedua bidang,” jelas Menpora.

Karena itulah Menpora mengajak masyarakat luas khususnya para pemuda untuk datang dan menikmati rangkaian acara dalam Festival Pemuda Indonesia yang berlangsung dari 10 sampai 15 Oktober mendatang. Pasalnya selain kegiatan-kegiatan olahraga, Festival Pemuda Indonesia ini juga diisi ragam acara seperti hiburan penampilan artis, talkshow, pameran UMKM, hingga siraman rohani.

“Kami membuat Festival Pemuda Indonesia ini dalam rangka menuju Hari Sumpah Pemuda tahun 2023. Meski ini bukan acara puncak Sumpah Pemuda, tetapi ini saya rasa akan seru,” tandasnya.

Menutup sambutannya Menpora mengatakan semoga Festival Pemuda Indonesia ini mampu menjadi ajang bersilaturahmi dan membuat semuanya bergembira serta bersenang-senang.

Pembukaan Festival Pemuda Indonesia 2023 ditandai dengan menekan sirene bersama jajaran deputi Kemenpora dan para pimpinan OKP.

Sebelum pembukaan resmi oleh Menpora acara Festival Pemuda Indonesia 2023 diawali dengan Defile 45 organisasi kepemudaan (OKP) yang menjadi peserta kegiatan tersebut.