Cacatan Amman ITF M15 Jakarta (1), Raupan Poin Peringkat Internasional

Cacatan Amman ITF M15 Jakarta (1), Raupan Poin Peringkat Internasional

Oleh:Dwi Ari Setiyadi

Hanya enam petenis tuan rumah yang mampu meraih poin peringkat internasional dari dua rangkaian Amman ITF M15 Jakarta dalam dua pekan 8-21 Agustus 2022.

Di sektor tunggal, M. Rifqi Fitriadi yang melangkah hingga semi final pekan kedua, meraup empat poin. Akhir Agustus, petenis yang akrab disapa Tole ini bakal bertengger di peringkat 1180-an ATP, melebihi rekor terbaiknya sebelum ini di peringkat 1306. Sebuah modal yang sangat berharga untuk mulai berkelana di pentas dunia.

“Cukup aman untuk ikut ITF M15. Setidaknya bisa masuk list kualifikasi tanpa perlu wild card,” ujar Tole yang berencana bertanding di kawasan Asia Tenggara.

M.Gunawan Trismuwantara dan Anthony Susanto juga berhasil mengais poin ITF yang merupakan kasta kedua dalam hirarki peringkat internasional. Gugun dapat donasi dua poin setelah memenangi babak kualifikasi pekan kedua menyamai prestasinya di Seremban, Malaysia, bulan lalu. Peringkatnya akan naik di kisaran 1000 ITF dengan total empat poin. Sedangkan Anton meraih satu poin sebagai finalis kualifikasi pekan pertama. Peringkatnya bakal sekitar 1800-an ITF bersama lebih dari 300 petenis dengan poin yang sama. Urutan keberapapun, prioritas pertama tetaplah peringkat ATP.

Nathan Anthony Barki meraup 12 poin di nomor ganda, hasil dari finalis pekan pertama dan semifinalis di minggu berikutnya. Raihan yang bakal membawanya ke posisi 1280an ATP Doubles. Duet old crack, Arynkgo Messakh dan Aditya Hari Sasongko sebagai perempatfinalis pekan kedua, meraih dua poin. Butuh tambahan empat poin agar namanya masuk daftar peringkat ganda ATP di kisaran 1500an.

(Penulis adalah pemerhati dan wartawan olahraga tenis).

Exit mobile version