JAKARTA, Indotimes.co.id – Panitia penyelenggara FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket FIBA 2023 Indonesia, mengumumkan artis Cinta Laura Kiehl menjadi brand ambassador baru Indonesia di ajang kejuaraan bola basket paling bergengsi di dunia tersebut.

Pengumuman resmi Cinta Laura sebagai brand ambassador baru dilakukan di Indonesia Arena, GBK Senayan, Jakarta, Selasa (11/7).

Acara pengumuman tersebut juga dihadiri Menpora Dito Ariotedjo, Ketua Perbasi, Dany Kosasih, David Crocker – Executive Director FIBA, serta Cahyadi Wanda – Perwakilan FIBA Indonesia.

Cinta Laura menjadi ambassador Indonesia kedua di FIBA setelah sebelumnya ada artis lainnya Raffi Ahmad.

“Jadi agenda pada hari ini kami sengaja mengumumkan bahwa Indonesia punya ambassador baru FIBA sebelumnya ada Raffi Ahmad. Sekarang ada Cinta Laura,” kata Perwakilan FIBA Indonesia, Cahyadi Wanda.

Menurut Cahyadi , bukan hal aneh suatu negara memiliki lebih dari satu ambassador. Sepak terjang Cinta Laura yang aktif mengampanyekan gaya hidup sehat dan peduli lingkungan jadi pertimbangan.

Sebelum menunjuk Cinta Laura, sejatinya ada tiga nama lain yang diajukan Indonesia ke FIBA. Namun Cinta dianggap lebih representatif untuk mendampingi Raffi yang dikenal dekat dengan komunitas olahraga.

“Mengapa Cinta Laura? Kami sepakat bahwa Cinta Laura bisa menjadi ambassador yang sangat baik di Jakarta. Kepedulian Cinta terhadap lingkungan dan beberapa hal dari banyak aspek membuat kami memilihnya,” imbuh Cahyadi.

Sementara itu, Cinta mengaku senang bisa dipilih menjadi ambassador. Ketika tawaran datang, Cinta tanpa pikir panjang menerimanya.

Bagi Cinta dunia basket bukanlah hal baru. Saat duduk di bangku sekolah, baik saat di Indonesia maupun di Amerika, sudah dekat dengan basket. Karenanya pula ia sangat respek kepada atlet olahraga.

Cinta menambahkan kita akan menyaksikan para atlet basket tingkat dunia berjuang keras untuk negaranya. Karenanya lanjut Cinta,
kita harus respek pada mereka. Mudah-mudahan dengan kita menjadi tuan rumah memotivasi atlet basket kita generasi selanjutnya, bisa tampil di Piala Dunia Basket.

Indonesia bersama Filipina dan Jepang menjadi tuan rumah bersama FIBA World Cup 2023.

Indonesia kebagian jadi tuan rumah untuk grup G dan H. Grup G terdiri dari Iran, Brasil, Spanyol, dan Pantai Gading.
Sedangkan Grup H terdiri dari Kanada, Prancis, Latvia, dan Lebanon.

FIBA Resmi Keluarkan Harga Tiket

Sementara itu pihak penyelenggara FIBA Basketball World Cup (Piala Dunia Basket 2023) di Indonesia yang akan berlangsung pada 25 Agustus hingga 10 September mendatang, secara resmi mengeluarkan harga tiket pertandingan.

Pertandingan yang akan berlangsung di Indonesia Arena , Gelora Bung Karno, Jakarta (GBK) Senayan, Jakarta, tiket yang akan dijual mulai harga termurah yaitu Rp100 ribu sedangkan tiket termahal mencapai Rp2,5 juta. Tiket yang dijual adalah tiket per pertandingan, bukan tiket per hari.

“Kita akan menjual tiket pertandingan per hari ini jam 6 sore. Kami membagi ticketing menjadi lima [kategori]. Mulai nanti jam 6 sore sudah bisa dibeli,” tutur Cahyadi Wanda.

Dalam pelaksanaan FIBA World Cup, Indonesia kebagian jadi tuan rumah untuk penyisihan Grup G dan H. Indonesia juga akan menggelar laga babak kedua.

Berikut ini daftar harga tiket FIBA World Cup:

Kategori 1A dan 1B: Rp1.250.000-Rp2.500.000

Kategori 2A dan 2B: Rp500.000-Rp1.750.000

Kategori 3A dan 3B: Rp200.000-Rp500.000

Kategori 4: Rp125.000-Rp200.000

Kategori 5: Rp100.000-Rp150.000