JAKARTA, Indotimes.co.id – Dewa United Surabaya melakukan comeback luar biasa pada lanjutan IBL 2022, Selasa (15/3). Tim berjuluk ‘Anak Dewa’ ini, membuat Evos Thunder bertekuk lutut usai menang 64-62.

Dewa United sempat kesulitan menghadapi Evos setelah tertinggal 20-33 hingga turun minum. Situasi semakin sulit bagi Anak Dewa usai tertinggal 22 poin dari Evos di kuarter ketiga dengan 27-49.

Namun anak asuh pelatih Andika ‘Bedu’ Saputra mampu keluar dari tekanan di kuarter keempat. Dewa United mampu mengemas 37 poin dan membalikkan keadaan dengan memenangkan pertandingan.

“Game hari ini sangat penting bagi kita untuk bisa kembali ke lolos playoff. Kerja keras anak-anak luar biasa,” kata Coach Bedu usai pertandingan.

Coach Bedu pun membocorkan kunci kemenangan Dewa United di pertandingan kali ini. Menurutnya, motivasi dan strategi yang diberikan di jeda kuarter ketiga membuat para pemain akhirnya bisa membalikkan keadaan.

“Kita motivasi para pemain bahwa kita enggak mau kalah. Sampai bunyi buzzer kita terus kerja keras, kita coba segala cara, segala hal untuk bisa memenangi pertandingan,” tutur Coach Bedu.

“Semuanya bekerja keras apalagi dalam defense. Benar-benar saling membutuhkan, ada yang bisa bikin poin, ada yang defense bagus, itu sih kunci kemenangan kita di kuarter keempat,” ujarnya.

Comeback gemilang Dewa United Surabaya tak lepas dari peran Kaleb Ramot Gemilang. Mr MVP 2019 itu kembali menjadi bintang kemenangan Anak Dewa atas Evos.

Kapten Dewa United Surabaya itu total mencetak 22 poin, enam rebound, dan dua assist. Kaleb juga menjadi pemain yang paling lama tampil di lapangan dengan mencatatkan 34,11 menit bermain.

Kaleb mengakui jika timnya bermain terlalu lengah di tiga kuarter awal, yang membuat lawan memanfaatkan situasi mendulang poin. Dia pun berharap kesalahan itu tidak diulangi Dewa United Surabaya di pertandingan selanjutnya.

“Tadi ketinggalannya terlalu jauh, awalnya terlalu santai. Tapi berharapnya ini game terakhir kita ketinggalan jauh, supaya enggak PR (pekerjaan rumah) jug menyusulnya,” tutur Kaleb.

Dia pun menuturkan jika momen bangkitnya Dewa United di kuarter terakhir tak lepas dari peran Xaverius Prawiro. Torehan 11 poin Xaverius yang tiga di antaranya dari three-poin membakar semangat para pemain untuk menang.

“Untungnya kuarter keempat Ko Iyus (panggilan Xaverius) memimpin kita. Awalnya dia semangat banget, terus beberapa poin dari dia bikin kita bangkit lagi,” tutup Kaleb.

Dewa United Surabaya selanjutnya akan menghadapi duel sengit melawan Pelita Jaya. Pertandingan tersebut menurut jadwal akan digelar, Kamis (17/3).