Detec International Junior Championship 2024 Seri 2 : Cylova Zuleyka Juara Tunggal Putri

JEMBER,Indotimes.co.id – Petenis Indonesia, Cylova Zuleyka Hukmasabiyya (17 tahun) berhasil memenangi gelar juara tunggal puteri seri kedua turnamen Detec International Junior Championship 2024. Pada laga final di lapangan tenis outdoor GOR PKPSO Jember, Sabtu (25/5), unggulan kedua itu mengalahkan wakil Taiwan, Tzeng Mu-Jie.

Cylova, peringkat 838 itu unggul atas seeded teratas yang berada di posisi sabgat jauh diayasnya, yakni 234 dunia junior melalui laga straight set, 6-4, 6-4.

“Senang, akhirnya bisa juara di Jember setelah seri pertama hanya runner-up,” ujar siswi kelas XI SMA Negeri 2 Serang (Banten) ini.

Juara tunggal turnamen kategori ITF J30 Jember ini melengkapi gelar ganda yang telah diraihnya berpasangan dengan Shinar Zahra Shukayna Heriyadi Sunggoro, Jumat (24/5).

Prestasi ini memberinya tambahan 30 poin tunggal dan 25 poin ganda dengan total perolehan 136,25 poin. Awal pekan depan, Senin (27/5), peringkat dunia pemilik tiga trophy tunggal dan satu ganda ini bakal melejit ke kisaran 620 ITF Junior.

Di tunggal putera, Rafalentino Ali Da Costa (14) sukses melangkah ke babak akhir. Di semi final, seeded teratas itu tampil sangat dominan menggusur rekan senegaranya, Jahfal Muna Kanahaya 6-0, 6-1. 

Pada laga final, Minggu (26/5), runner-up seri pertama itu bakal meladeni unggulan ke-10, Michal Ihsan Wicaksana yang menang atas seeded ketiga, M. Akmal Junaini 6-4, 2-1 ret.

Sementara itu pasangan unggulan ketiga, Raphael Dandi Perwira Paska /M. Ragil Putra Yudha berhasil merebut gelar juara ganda setelah menyudahi perlawanan non-unggulan Jepang dan Indonesia, Tomoki Fujiwara /Brandon Lehman 6-3, 6-4.