JEMBER, Indotimes.co.id – Kabupaten Jember di Provinsi Jawa Timur bakal menjadi tuan rumah turnamen tenis tingkat dunia bertajuk Detec International Junior Championships.

Hard court GOR Pusat Kegiatan Pemuda, Seni dan Olahraga (PKPSO) Jember, akan menjadi gelanggang baru untuk dua seri ajang resmi dalam kalender kompetisi Federasi Tenis Internasional (ITF) itu, 11-26 Mei 2024.

“Mulai tahun ini, Jember menjadi tuan rumah baru Detec International Junior Championships setelah sejak dua tahun lalu berlangsung di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” ucap Direktur Turnamen ITF J30 Jember ini, Anshari Nursida, Kamis (9/5).

Terpilihnya Jember, menurut pengelola Detec (Deddy Prasetyo Tennis Club) itu, tak lepas dari kelayakan sarana dan prasarana penunjang event yang tersedia di wilayah ini.

“Enam hard court GOR PKPSO yang baru saja direnovasi sangat layak sebagai arena turnamen. Juga terletak di pusat kota, sangat dekat dengan fasilitas akomodasi bagi peserta. Dan yang terpenting adalah adanya dukungan penuh baik dari Pelti Jember maupun Pemerintah Daerah setempat,” imbuhnya.

Selain wakil tuan rumah Indonesia, kejuaraan ini juga menarik minat petenis yang datang dari 16 negara. Tak hanya dari negeri jiran seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam di kawasan Asia Tenggara, namun juga dari Tiongkok, Hongkong, Taiwan dan Jepang. Hadir pula peserta dari wilayah Oseania, yakni Australia dan Selandia Baru. Bahkan juga datang wakil Benua Eropa dan Amerika, berasal dari Inggris dan Swiss serta Amerika Serikat.

Turnamen bagi petenis berusia maksimal 18 tahun ini menggelar nomor pertandingan tunggal dan ganda, baik putra maupun putri. Tersedia 48 tempat di babak utama dan 48 slot babak kualifikasi tunggal. Sementara di nomor ganda, menyediakan tempat untuk 24 pasangan.

Merujuk Acceptance List pada laman ITF per Kamis (9/5), Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan, andalan Indonesia berperingkat 627 junior internasional akan menjadi unggulan teratas tunggal putra.
Wakil Merah Putih lainnya, Rafalentino Ali Dacosta (632), Ahmad Fauzan (959), Raphael Dandi Perwira Paska (1048), Jahfal Muna Kanahaya (1141), M. Akmal Junaini (1452), Michal Ihsan Wicaksana (1922), M. Ragil Putra Yudha (2003) dan Razan Dhawy Atmaja (2695) juga turut menyesaki daftar unggulan.

Sedangkan di sektor tunggal putri, Tzeng Mu-Jie –wakil Taiwan yang bercokol di peringkat 231 dunia, menduduki posisi unggulan pertama. Wakil tuan rumah, Cylova Zuleyka Hukmasabiyya (812) dan Anjali Kirana Junarto (928) serta Shinar Zahra Shukayna Heriyadi Sunggoro (1203) menguntit di posisi unggulan berikutnya.
Termasuk juga Chantika Azzahra (2141), Lailatul Fajria (2558), Kayla Ruth Santosa (2881), Febyaro Ribby Santara (3052) dan Hoppe Putri Toratio Ramma (3423).

“Bagi calon peserta yang belum sempat mendaftar, masih terbuka kesempatan untuk berpartisipasi di ajang ini. Bisa datang langsung di official hotel untuk melakukan onsite sign-in, Jumat (10/5) hingga pukul enam petang,” pungkas Anshari.