JEMBER, Indotimes.co.id – Pertandingan seri kedua Detec International Junior Championships 2024 di lapangan tenis outdoor GOR PKPSO Jember menyajikan beberapa partai ulangan seri pertama, pekan lalu.

Unggulan teratas tunggal putera, Rafalentino Ali Da Costa akan kembali meladeni Tomoki Fujiwara dari Jepang di babak kedua, pada Rabu (22/5).

Pekan lalu, runner up seri pertama ini mengalahkan petenis yang lolos dari kualifikasi itu di semi final. Falen sempat kehilangan set kedua sebelum akhirnya unggul rubber set 6-2, 4-6, 7-5.

Seperti seri pertama, Tomoki yang belum memiliki peringkat dunia junior itu harus merangkak dari kualifikasi turnamen berlabel ITF J30 Jember pekan kedua ini. Pada laga perdana babak utama, Selasa (21/5), ia menang atas wild card tuan rumah, Tyaga Hijrah Katilu 6-1 6-0. Sementara sebagai seeded, Falen mendapatkan bye di babak pembuka.

Juara seri pertama tunggal putra, Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan bahkan bakal melakoni babak ketiga seri kedua menghadapi lawan yang sama seperti pekan lalu. Unggulan kedua itu akan meladeni seeded ke-15, Kanthat Surarityotin dari Thailand, Rabu (22/5).
Minggu lalu, Aldhito menang dua set langsung 6-2, 6-2.

“Turnamen back to back di lokasi yang sama dalam waktu berurutan seperti Detec International Junior Championships di Jember ini biasanya diikuti peserta yang sama dalam dua minggu. Jadi, besar kemungkinan bertemu lawan yang sama dalam dua seri,” ucap Anshari Nursida selaku Direktur Turnamen.

“Sebuah tantangan juga untuk petenis agar bisa menganalisis bila harus menghadapi lawan yang sama. Bagaimana menerapkan strategi agar bisa tetap menang atau membalas kekalahan,” imbuh pengelola Deddy Prasetyo Tennis Club (Detec) Jakarta ini.

Pada nomor tunggal putri, runner up seri pertama yang menempati unggulan kedua pekan ini, Cylova Zuleyka Hukmasabiyya berpotensi bersua kembali dengan petenis kidal, Lailatul ‘Ela’ Fajria di babak empat besar ajang yang baru pertama kali bergulir di kawasan tapal kuda Jawa Timur ini. 

Minggu lalu, Cylova berhasil mengalahkan Ela di perempat final dua set langsung 6-4, 6-4.