DEPOK, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan bantuan 100 sepeda ke kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII),  Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Senin (7/3) pagi. Bantuan diterima langsung oleh Rektor Komaruddin Hidayat disaksikan oleh jajaran rektorat dan civitas akademika.

Dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini sebagai wujud dukungan terhadap kampus hijau dan bugar.

“Saya yang kedua kali untuk datang ke kampus ini. Waktu itu sedang hujan, alhamdulilah saya diundang oleh sahabat saya (Rekor Komaruddin Hidayat), sahabat yang banyak memberi inspirasi dengan tulisan-tulisan beliau,” ungkap Menpora.

Menurutnya apa yang sekarang diberikan oleh Kemenpora adalah sebagai wujud dukungan kami kepada universitas sekaligus untuk membugarkan masyarakat, khusunya kalangan mahasiswa.

Berbicara tentang kebugaran, sebagaimana dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk menuju puncak prestasi, hulunya itu adalah kebugaran. Tidak bisa mendapatkan talenta yang baik untuk atlet-atlet yang berprestasi tanpa lahir dari masyarakat yang bugar.

“Salah satu ukuran kebugaran kita adalah bergerak secara fisik. Saya sangat apresiasi dan terima kasih kepada Pak Rektor dan seluruh civitas akademika yang sudah mencanangkan bahwa kampus ini adalah kampus hijau, kampus yang sangat peduli dengan lingkungan dan tentu kampus yang sangat bugar karena kemari harus menggunakan sepeda minimal jalan kaki,” jelas menteri asal Gorontalo itu.

Terakhir Menpora menyampaikan selamat untuk Universitas Islam Internasional Indonesia yang telah menjadi pionir di wilayah Depok untuk menjadi sentral olahraga dan kebudayaan, dan akan terus mendukung hal-hal yang dapat dilakukan di masa mendatang. 

“Selamat untuk UIII, mudah-mudahan kalau masih ada yang bisa kita support insyaallah kita support kembali,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UII, Prof Komaruddin Hidayat mengucapkan terima kasih atas bantuan sepeda yang diberikan Kemenpora.

Komaruddin menjelaskan kampus UIII yang pembangunannya didukung oleh Presiden Joko Widodo diharapkan nantinya bisa menjadi pusat budaya dan olahraga yang manfaatnya juga bisa dirasakan mahasiswa di luar Kampus UIII.

“Kami terima kasih kepada Pak Menteri yang kedepan ingin menjadikan ini salah satu pusat budaya dan sport center yang manfaatnya bukan untuk UIII tapi juga kampus sekitarnya dan juga event-event internasional,” kata Komaruddin.

“Karena memang kampus ini didirikan, disponsori oleh Presiden sendiri. Jadi ini memang menjadi satu kampus, jadi ikonik yang bisa dimanfaatkan tidak hanya mahasiswa asing tapi juga masyarakat dan kampus dalam negeri. Oleh karena itu kemitraan kami dengan Kemenpora sangat penting untuk kedepan dan seterusnya,” tutup Komaruddin.